|
STRATEGIC MANAGEMENT
“STRATEGIC IMPLEMENTATION FROM SHORT TERM STRATEGY FUNCTIONAL LEVEL AND
TACTIC PT AQUA”
NAMA : LESTARY PERMATA SARI
NIM : 55117010016
DOSEN : Prof. Dr. Ir. HAPZI ALI, MM, CMA
|
Daftar
Isi
Profil PT AQUA, Relevansi Visi dan
Misi, Peluang dan Tantangan PT AQUA, Matriks EF PT AQUA, Kekuatan dan Kelemahan
PT AQUA, Matriks IF PT AQUA, Variasi Strategis PT AQUA
A. PROFIL PT AQUA
AQUA
merupakan merek minuman yang sudah terpercaya hingga puluhan tahun sebagai
merek terbaik. Terbukti AQUA sudah menerima berbagai penghargaan yang merupakan
wujud kepercayaan dan kepuasan konsumen, antara lain: Indonesian Best Brand
Award (penghargaan untuk merek terbaik Indonesia) dari tahun 2003-2004,
Indonesian Customer Satisfaction Award (penghargaan untuk merek yang memberikan
kepuasan tertinggi kepada konsumennya) dari tahun 2003 dan Indonesian Golden
Brand Award di tahun 2005-2007.
Visi :
AQUA telah
menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih dari 30 tahun.
Sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejak didirikan tahun 1973, kini AQUA
menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat Indonesia.
Dulu dan kini, AQUA tetap dan selalu menjadi yang terbesar dan terdepan di
Indonesia. Volume penjualan AQUA merupakan volume penjualan terbesar di dunia
untuk kategori air mineral.
Misi :
AQUA selalu
ingin melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya
program AKSI (AQUA untuk Keluarga Sehat Indonesia) dan AuAI (AQUA untuk Anak
Indonesia).
Tujuan :
Tujuan merupakan
pernyataan kualitatif mengenai keadaan atau hasil yang ingin dicapai dimasa
yang akan datang. Dalam hal ini kita semua mengetahui bahwa tujuan utama dari
tiap perusahaan yang menjalanakan usahanya adalah profit. Dan demi mencapai
tujuan tersebut, AQUA dari tahun ke tahun melakukan inovasi produk. Yang dapat
dilihat dalam “Sejarah PT. Danone AQUA”.
Strategi :
Dalam era
persaingan yang semakin ketat, setiap kali sebuah perusahaan harus mengevaluasi
kinerjanya, serta melakukan serangkaian perbaikan, agar tetap tumbuh dan dapat
bersaing. Seperti; Meningkatkan jangkauan pemasaran ke suluh Indonesia dan
mancanegara, Mencari sumber-sumber air di wilayah Indosesia dan International,
Melakukan lisensi pada setiap produk, Menigkatkan dukungan dan kepercayaan
masyarakat terhadap air minum dalam kemasan, Memberikan layanan ke
masyarakat sekitar sumber air, dan Meningkatkan kontrol distribusi produk
dan pasokan dari pihak ke tiga dan pemasok distributor.
B. RELEVANSI VISI DAN MISI
Visi, misi,
tujuan, dan strategi yang digunakan oleh PT. Aqua Golden Missisippi,
Tbk masih relevan dengan keadaan saat ini dan masih memungkinkan
perusahaan untuk tetap berada pada dunia persaingan usaha air minum dalam
kemasan di Indonesia. Dengan target pasar seluruh kalangan masyarakat Indonesia
dan masyarakat luar negeri, Aqua menawarkan beberapa produk air mineral tidak
hanya dalam bentuk kemasan. Aqua menawarkan beberapa produknya seperti, Aqua
Reflection, Aqua 50, dan minuman isotonik Mizone.
Aqua makin
mantap untuk bersaing di pasar Indonesia maupun luar Indonesia. Dengan terus
melakukan inovasi produk, manajemen yang baik, dan segi promosi melalui iklan
yang menarik, untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Aqua telah menjadi
bagian dari keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih dari 30 tahun dan Aqua
akan tetap dan selalu menjadi pelopor air minum dalam kemasan yang terbesar dan
terdepan di Indonesia, sebagai fokus usahanya. Sehingga Aqua akan selalu
menjadi market leader untuk air minum dalam kemasan.
Aqua selalu
ingin melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya
program AKSI (AQUA untuk Keluarga Sehat Indonesia), AuAI (AQUA untuk Anak
Indonesia) dan pembagian air bersih didaerah terpencil sebagai bentuk
tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan. Hal ini didukung dengan adanya
upaya untuk terus menciptakan nilai tambah dan mengembangkan inovasi pada
produk sesuai dengan keadaan pasar yang dilakukan oleh PT. Aqua Golden
Mississippi, Tbk. Selain itu, dalam produksi Aqua harus benar-benar memperhatikan
tekhnologi yang digunakan. Karena disini dalam penyaluran air, Aqua masih
menggunakan bahan pralon bukan stainless.
C. PELUANG DAN TANTANGAN PT AQUA
Peluang:
ü Bisnis air
mineral menjanjikan
ü Potensi
Pasar
ü Jangkauan
Pemasaran
ü Bahan Baku
untuk wilayah indonesia melimpah
ü Kesempatan
pangsa pasar internasional
Tantangan:
ü Lokasi
sumber air
ü Pemalsuan
Produk
ü Limbah
kemasan
ü Muncul
Teknologi Filterisasi air
ü Dukungan
masyarakat skitar sumber air
D. MATRIKS EF PT AQUA
Peluang
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Mempunyai peluang untuk merambah ke agen-agen kecil
|
0.26
|
3
|
0.78
|
Jenjang menuju strata distributor terbuka lebar
|
0.22
|
3
|
0.66
|
Aqua mempunyai kesempatan besar untuk menembus ke
pasar internasional
|
0.24
|
3
|
0.72
|
Sosialisasi ke masyarakat mengenai pentingnya
mengkonsumsi air mineral yg bersih dan higenis
|
0.28
|
3
|
0.84
|
Jumlah
|
1.00
|
3.00
|
Ancaman
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Tidak stabilnya nilai tukar rupiah
|
0.38
|
-3
|
-0.11
|
Mulai muncul produk air mineral baru
|
0.37
|
-2
|
-0.74
|
Melemahnya daya beli konsumen
|
0.13
|
-3
|
-0.39
|
Munculnya depo air minum isi ulang
|
0.12
|
-3
|
-0.36
|
Jumlah
|
1.00
|
-1.60
|
Competitive
Profile Matriks
Faktor-faktor keberhasilan
penting
|
Bobot
|
Aqua
|
Ades
|
Nestle
|
|||
Rating
|
Skor
|
Rating
|
Skor
|
Rating
|
Skor
|
||
Iklan
|
0.15
|
3
|
0.45
|
1
|
0.15
|
2
|
0.30
|
Kualitas
Produk
|
0.15
|
2
|
0.30
|
1
|
0.15
|
3
|
0.45
|
Daya Saing
harga
|
0.10
|
3
|
0.30
|
2
|
0.20
|
2
|
0.20
|
Manajemen
|
0.10
|
3
|
0.30
|
2
|
0.20
|
4
|
0.40
|
Posisi
keuangan
|
0.10
|
3
|
0.20
|
2
|
0.20
|
3
|
0.30
|
Loyalitas
konsumen
|
0.15
|
3
|
0.45
|
2
|
0.30
|
3
|
0.45
|
Ekspansi
global
|
0.05
|
3
|
0.15
|
2
|
0.10
|
3
|
0.15
|
Pangsa
Pasar
|
0.20
|
3
|
0.60
|
2
|
0.40
|
3
|
0.60
|
Total
|
1
|
2.75
|
1.70
|
2.85
|
Kami memilih
Ades dan Nestle sebagai kompetitor dari Aqua karena masing-masing dari
kompetitior memiliki faktor-faktor keberhasilan penting di pasaran. Mulai dari
Pengiklanan, Daya Saing Produk, Manajemen, Pangsa pasar dan faktor penunjang
lainnya.
Dari segi
kemasan produk, kedua kompetitor ini memiliki desain produk yang menarik dan
efesiensi kemasan yang baik, tidak kalah dengan brand Aqua. Seperti botol
kemasan yang dibuat lebih tipis sehingga menekan biaya produksi, akan tetapi
tetap adanya inovasi dari segi tampilan produk. Selain itu, kedua produk ini
memiliki daya saing dalam hal harga yang hampir sama dengan Aqua. Hal-hal
seperti inilah yang akan menjadi ancaman dari produk Aqua, maka Aqua perlu
mengevaluasi dan pengendalian lebih dalam lagi.
Di sini Aqua
masih kalah dengan Nestle dalam hal mesin produksi yang lebih modern
dan teknologi filterisasi air yang lebih higenis. Dari kekurangan dan
keterbatasan dari Aqua tadi, Aqua masih memiliki keunggulan seperti, Brand Aqua
yang tetap menjadi market leader untuk air minum dalam
kemasan.
E.
KEKUATAN
DAN KELEMAHAN PT AQUA
Kekuatan:
ü Brand Aqua
Danone sangat kuat
ü Periklanan
yang yang berbeda dan lebih menarik
ü Promosi
produk
ü Design
Kemasan Produk bervariatif
Kelemahan:
ü Distribusi
Produk Menggunakan Pihak ketiga
ü Kendali
pasokan/stock berada pada distributor utama
ü Jangkauan
pemasaran
F. MATRIKS IF PT AQUA
Kekuatan
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Brand Aqua Danone sangat kuat
|
0.30
|
3
|
0.90
|
Periklanan yang yang berbeda dan lebih menarik
|
0.25
|
2
|
0.50
|
Promosi produk
|
0.15
|
2
|
0.30
|
Design Kemasan Produk bervariatif
|
0.30
|
2
|
0.60
|
Jumlah
|
1.00
|
2.30
|
|
|
|
||
Kelemahan
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Distribusi Produk Menggunakan Pihak ketiga
|
0.30
|
-2
|
-0.60
|
Kendali pasokan/stock berada pada distributor utama
|
0.36
|
-2
|
-0.72
|
Jangkauan pemasaran
|
0.34
|
-2
|
-0.68
|
Total
|
1.00
|
-2.00
|
8. Analisis
SWOT dan Matrik BCG
|
Strenghts
|
Weakness
|
IF
|
S1 Brand Aqua Danone sangat kuat
S2 Periklanan yang yang berbeda dan lebih menarik
S3 Promosi produk
S4 Design Kemasan Produk
bervariatif
|
W1 Distribusi Produk menggunakan Pihak ketiga
W2 Kendali
pasokan/stock berada pada distributor utama
W3 Jangkauan pemasaran
|
|
||
EF
|
||
Opportunities
|
SO
|
WO
|
O1 Bisnis air mineral menjanjikan
O2 Potensi Pasar
O3 Jangkauan Pemasaran
O4 Bahan Baku untuk wilayah indonesia melimpah
O5 Kesempatan pangsa pasar internasional
|
Kemasan Aqua semakin beragam (S4O2)
|
Aqua mempunyai kesempatan besar untuk bisa menembus
pasar Internasional (W3O5)
|
Perusahaan melakukan pengembangan produk dengan
memperhatikan mulai dari awal pengisian air sampai dengan pengemasan akhir
dengan inovasi terbaru Tutup Aqua Galon yang unik dan inovatif. (S4O1)
|
Jenjang menuju strata Distributor terbuka lebar
(W2O2)
|
|
Threats
|
ST
|
WT
|
T1 Lokasi sumber air
T2 Pemalsuan Produk
T3 Limbah kemasan
T4 Muncul Teknologi Filterisasi air
T5 Dukungan masyarakat skitar sumber air
|
Track record distribusi Aqua Danone bisa dipakai
referensi untuk melebarkan sayap bisnis produk Danone Food
(Biskuat dll) (S1T5)
|
Meminimalisasi biaya produksi (W1T1)
|
PT. Aqua Danone meluncurkan minuman berisotonik
yaitu Mizone (S2T4)
|
Mengurangi penumpukan stock di gudang (W2T4)
|
BCG MATRIKS
AQUA
|
AQUA REFLECTION
|
MIZONE
|
AQUA 50
|
1. Tanda tanya
(Question Mark): memiliki posisi pangsa pasar relatif yang rendah, tetapi
mereka bersaing dalam industri yang bertumbuh pesat. Pertumbuhan produk turunan
Aqua yaitu Aqua Reflection terbilang rendah tetapi juga bersaing di
industri yang bertumbuh pesat.
2. Bintang
(Star): memiliki peluang jangka panjang terbaik untuk pertumbuhan dan
profitabilitas bagi organisasi. Dalam hal ini produk Aqua merupakan produk
unggulan yang pertumbuhannya terus meningkat dan memiliki pangsa pasar yang
luas.
3. Sapi perah
(Cash Cow): memiliki pangsa pasar relatif yang tinggi tetapi bersaing dalam
industri yang pertumbuhannya lambat. Meskipun pangsa pasar Aqua tinggi, namun
salah satu produknya yaitu Mizone mengalami pertumbuhan yang masih rendah.
4. Anjing
(Dog): memiliki pangsa pasar relatif yang rendah dan bersaing dalam industri
yang pertumbuhannya rendah atau tidak tumbuh. Pertumbuhan produk turunan Aqua
yaitu AQUA 50 terbilang rendah, begitu juga dengan pangsa pasarnya.
Manfaat
analisis SWOT adalah untuk menganalisis dan mengetahui faktor-faktor internal
perusahaan (kekuatan dan kelemahan) dan faktor-faktor eksternal perusahaan
(peluang dan ancaman) yang bisa digunakan untuk menetapkan strategi apa yang
sebaiknya digunakan.
Kelebihan
dari matriks BCG adalah salah satu alat pembuat keputusan yang paling mudah.
Hanya dengan membaca grafiknya, orang akan dapat dengan mudah melihat di posisi
manakah perusahaan mereka berada. Matriks ini memusatkan perhatian pada arus
kas, karakteristik investasi, dan kebutuhan berbagai divisi organisasi. Adapun
untuk kelemahan dari matriks ini hanya menggunakan dua dimensi yaitu pangsa
pasar relatif dan tingkat pertumbuhan pasar. Kemungkinan sulit mendapatkan data
pangsa pasar maupun tingkat pertumbuhan pasar. Terlalu menyederhanakan banyak
bisnis karena memandang semua bisnis sebagai bintang, sapi perah, anjing atau
tanda tanya.
1. Rekomendasi
Strategi Jangka Panjang
Berdasarkan
analisis SWOT, kami mengkombinasikan kekuatan perusahaan dengan peluang yang
dimiliki untuk menciptakan sebuah strategi, yaitu dengan selalu melakukan
inovasi dalam pengemasan produk sehingga dapat menarik minat konsumen baru dan
menjadi nilai kompetitif dari produk pesaing, serta dengan meningkatkan
kualitas SDM serta mesin operasional yang baru untuk menghasilkan air minum
dalam kemasan (AMDK) yang sehat serta higienis.
Sedangkan
berdasarkan analisis matrik BCG, salah satu produk Aqua yaitu Aqua Reflection
berada pada level Question Mark, di mana pangsa pasarnya rendah namun
pertumbuhannya tinggi yang sebenarnya masih bisa ditingkatkan menjadi level
Star. Aqua Reflection sendiri merupakan produk sejenis dengan Aqua yaitu air
minum dalam kemasan (AMDK), namun dalam pemasarannya memiliki segmen yang
berbeda, karena Aqua Reflection mempunyai harga lebih tinggi dari Aqua sehingga
lebih ditujukan pada konsumen menengah keatas. Dengan melakukan promosi yang
gencar maka Aqua Reflection dapat menguasai pangsa pasar.
2. Hasil
yang diharapkan
Dari
strategi SWOT di atas, diharapkan perusahaan mampu berinovasi untuk selalu
mengikuti selera konsumen, dalam hal ini yaitu untuk selalu berinovasi dalam
pengemasan produk. Sehingga Aqua bisa tetap bertahan sebagai market
leader dalam industri air minum dalam kemasan (AMDK). Selain itu,
untuk menjaga citra positiv brand Aqua, dapat dilakukan dengan melakukan
program CSR. Dengan melakukan program CSR, AQUA berusaha
memberikan bantuan air bersih untuk wilayah terpencil sekaligus sebagai
salah satu promosinya bahwa Aqua juga perduli terhadap sesama.
3. Rekomendasi
Tujuan Tahunan
Tujuan
jangka panjang PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk adalah selalu menyediakan
dan memberikan air bersih kepada masyarakat Indonesia. Dari tujuan jangka
panjang tersebut dapat diuraikan menjadi tujuan jangka pendek untuk satu tahun
kedepan. Berkaitan dengan adanya MEA tahun 2016, maka kami menetapkan strategi
pengembangan pangsa pasar untuk wilayah ASEAN. Hal tersebut dapat dilakukan
dengan cara meningkatkan kualitas SDM, mendatangkan mesin operasi terbaru,
melakukan promosi yang inovatif, serta dengan menerapkan ISO9002.
5. Rekomendasi
Evaluasi Strategi
Mengkaji
Landasan Strategi
Pada
perusahaan Aqua kami menggunakan Analisis SWOT serta Matriks BCG. Analisis SWOT
digunakan untuk melihat faktor internal perusahaan (kekuatan dan kelemahan) dan
faktor eksternal perusahaan (peluang dan ancaman). Sedangkan matriks BCG
digunakan untuk melihat posisi produk Aqua di pasar. Dengan melakukan analisis
dengan menggunakan dua teknik analisis tersebut, dapat untuk mengatasi
permasalahan yang ada serta menghasilkan strategi baru untuk perusahaan Aqua.
Mengukur Kinerja Perusahaan
Untuk
melakukan pengukuran kinerja perusahaan dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu: Membandingkan
kinerja perusahaan dari tahun ke tahun serta dengan membandingkan dengan
perusahaan pesaing. Namun, mulai tahun 2011 Aqua melakukan delisting dari bursa
karena go private,sehingga laporan keuangannya tidak dipublikasikan
untuk umum. Untuk perbandingan dengan perusahaan pesaing, kita akan mengambil
perbandingan dengan Ades di tahun 2010, Aqua memiliki total aset sebesar
26.247.527, sedangkan Ades memiliki total aset 316.048.
Tindakan korektif
ü Menerapkan
ISO 9002
ü Menjaga
citra positiv Aqua agar selalu dipercaya oleh konsumen salah satunya dengan
CSR.
ü Melakukan
inovasi dalam pengemasan produk
G. VARIASI STRATEGIS PT AQUA
Strategi
Tingkat Corporate
Berbagai
cara dilakukan oleh PT. Aqua Danone untuk menarik konsumen sebanyak mungkin,
salah satunya dengan cara memberi selogan yang bagus dari semua produk, membuat
iklan yang menarik, promosi di setiap pelosok tanah air, dan lain-lain. Semua
ini dilakukan agar semua orang tertarik untuk membeli atau mencoba memakai produk
dari PT. Aqua Danone yang nantinya diharapkan bisa menjadi pelanggan mereka.
Strategi
yang digunakan:
Memberikan
pelayanan dan kualitas yang maksimal dengan tujuan agar pelanggan selalu merasa
puas dalam menggunakan produk dari PT. Aqua Danone. Hal itu dilakukan untuk
mempertahankan pelanggan agar tidak berpaling kepada produk yang lain
Mengoptimalkan
unsur 4 P marketing mix (Produk, Harga, Distribusi, Promosi) yang kompetitif Kemasan
Aqua semakin beragam ( dari kemasan gelas, botol kecil, sedang hingga galon )
CONTOH :
Inovasi
terbaru tutup Aqua Galon yang unik dan inovatif, dan secara eksklusif
dilengkapi segel transparan dengan hologram untuk menjamin terjaganya produk
alami dari tiap tetes Aqua.
DIFFERENSIASI
AQUA
melakukan strategi diferensiasi produk dan diferensiansi layanan, dimana dapat
dilihat dengan melakukan strategi diferensiasi yang tepat, AQUA dapat
memposisikan perusahaannya sebagai
market leader.
Diferensiasi
yang tepat pula, para pesaing –pesaing AQUA tidak dapat menjadi kompetitor yang cukup tangguh bagi AQUA. Diferensiasi produk yang dilakukan
AQUA adalah dengan membuat Air minum dalam kemasan yang higienis, aman
dikonsumsi, dan mengandung mineral yang utuh pada setiap tetesnya karena adanya
teknologi mutakhir yang tidak dimiliki
oleh pesaingnya.
Diferensiasi
layanan dari AQUA adalah AQUA sangat mengutamakan kualitas pelayanan terhadap
customer. Dengan PT AQUA Danone memiliki pelayanan pelanggan yang mudah di
akses konsumen “AQUA menyapa” di nomor Call Center 0807-15-88888.untuk memudahkan
kosumen memberikan kritik dan saran serta melayani keluhan pelanggan dengan
pelayanan maksimal.
Value
Chain Untuk Diferensiasi
Adanya
kesesuaian antara kemampuan perusahaan untuk menciptakan produk berkualitas
yang sesuai dengan permintaan para pelanggan
ü Menciptakan
sebuah analisa rantai nilai
ü Memiliki
laboratorium pribadi perusahaan sebagai penunjang penjaminan mutu, sehingga
aman untuk dikonsumsi konsumen
ü Memiliki
lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang dapat diakses oleh pelanggannya di
seluruh
ü Memiliki
tenaga kerja yang ahli di setiap bidangnya.
ü Memiliki
14 pabrik yang tersebar di seluruh Indonesia.
ü Memiliki
SOP dan Standar ISO serta GMP
ü Memiliki
pelayanan pelanggan yang mudah di akses konsumen “AQUA menyapa” di nomor Call
Center 0807-15-88888.untuk memudahkan kosumen memberikan kritik dan saran serta
melayani keluhan pelanggan dengan pelayanan maksimal.
Memilih dan menentukan
faktor-faktor kunci
ü Memiliki
laboratorium pribadi perusahaan sebagai penunjang penjaminan mutu, sehingga
aman untuk dikonsumsi konsumen
ü Memiliki
tenaga kerja yang ahli di setiap bidangnya
ü Memiliki
14 pabrik yang tersebar di seluruh Indonesia.
ü Tempatkan
keterkaitan antara rantai nilai perusahaan dan pelanggan.
ü Perusahaan
menciptakan rantai nilai dengan pelanggan diantaranya:
ü Memberikan
pelayananan yang maksimal kepada konsumen maupun rekan usaha (agen)
ü Menjaga
brand AQUA yang sudah cukup kuat dan dikenal sebagai pelopor Air minum dalam
kemasan di Indonesia.dengan selalu menjaga kualitas dan mutu produk.
Manajeman strategi
pemasaran yang diterapkan di PT. Aqua Golden Mississippi adalah :
1. Strategi menarik konsumen
Berbagai cara dilakukan oleh PT. Aqua
Golden Mississippi untuk menarik konsumen sebanyak mungkin, salah satunya
dengan cara memberi selogan yang bagus dari semua produk, membuat iklan yang
menarik, promosi di setiap pelosok tanah air, dan lain-lain. Semua ini
dilakukan agar semua orang tertarik untuk membeli atau mencoba memakai produk
dari PT. Aqua Golden Mississippi yang nantinya diharapkan bisa menjadi
pelanggan mereka.
2.
Strategi
mempertahankan pelanggan
Di strategi ini PT. Aqua Golden
Mississippi berpendapat bahwa pelanggan itu yang paling penting untuk
perusahaan. Tanpa pelanggan atau konsumen, perusahaan tidak akan menjadi
seperti sekarang ini. Maka dari it demi kepuasan pelanggan PT. Aqua Golden
Mississippi memberikan pelayanan dan kualitas yang maksimal dengan tujuan agar
pelanggan selalu merasa puas dalam menggunakan produk dari PT. Aqua Golden
Mississippi. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan pelanggan agar tidak
berpaling kepada produk yang lain.
3. Strategi promosi untuk menguasai
pasar
Untuk dapat menjaring pelanggan yang
banyak PT. Aqua Golden Mississippi menggunakan cara yang paling utama, yaitu
promosi melalui iklan-iklan yang berkualitas dan mudah dimengerti, baik iklan
di media elektronik maupun di media cetak serta yang lainnya.
Strategi Pemasaran dengan Marketing Mix
Marketing mix merupakan suatu alat marketing
yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan marketing dalam pasar target.
Dalam hal ini Mizone sebagai produk baru minuman isotonik menunjukkan
eksistensinya dengan mengoptimalkan unsur 4 P marketing mix (Produk, Harga,
Distribusi, Promosi) yang kompetitif.
Strategi
Marketig Mix PT Danone Aqua terhadap Mizone
1.
Produk (product)
Mizone yang diproduksi oleh Danone Aqua
merupakan kategori minuman isotonik bernutrisi. Diluncurkan pertama kali pada
27 September 2005 di Surabaya dengan rasa orange lime yang menyegarkan, rasa
passion fruit yang memanjakan selera, dan pada Juni 2008 meluncurkan varian
baru dengan rasa lychee lemon yang sensasional. Mengandung Hydromaxx yaitu :
Vitamin B1, B3, B6, dan B12 untuk membantu metabolisme karbohidrat menjadi
energi, Vitamin C, sebagai antioksidan untuk menjaga kahidupan sel dalam tubuh,
dan elektrolit untuk menggantikan mineral yang hilang akibat pengeluaran
keringat. Bahan dasar Mizone menggunakan air mineral Aqua dan sari buah alami
melalui proses kristalisasi. Mizone sendiri merupakan produk yang sudah
terkenal di Australia, New Zealand, dan Cina.
Pada November 2006 Mizone dilanda krisis
karena tidak menantumkan salah satu bahan pengawet (natrium benzoat) dalam
kemasannya. BPOM memberikan tenggat waktu hingga Desember 2006 agar Mizone
menarik produknya dari pasaran dan memperbaiki label pada kemasan. Pada saat
itu, Mizone sudah beredar di 30 depo, 50 distributor dan 1 juta outlet di
seluruh Indonesia. Penjualan turun drastis sedikitnya Rp 35 miliar perhari.
Untuk mengembalikan kepercayaan konsumen, Mizone melakukan edukasi kepada
konsumen melalui promosi baik below the line maupun above the line.
2.
Harga (Price)
Dalam soal harga, Mizone sangat
kompetitif sekitar Rp 2.500 untuk isi 500 mL, jika dibandingkan dengan isotonik
dalam kemasan kaleng yang yang harganya sekitar Rp 3.300 untuk isi 330 ml .
3.
Distribusi (Place)
Distribusi Mizone berorientasi nasional
menggunakan jalur distribusi Aqua yang sangat luas, kuat di pasar tradisional
(mudah dijumpai di warung dan toko-toko yang menjual produk Aqua). Sampai ada
suatu istilah di kalangan distributor “di mana ada Aqua, disitu ada Mizone”.
4.
Promosi (Promotion)
Target pasar Mizone adalah semua kalangan
umur, namun dalam kampanyenya lebih ditujukan kepada kalangan usia 18-35 tahun
dengan aktivitas yang dinamis. Mizone melakukan kampanye besar-besaran lewat
placement iklan di televisi (TV), radio, media cetak, dan media luar ruang.
Belanja iklan Mizone sepanjang 2006 paling besar dibandingkan kompetitornya,
yaitu sebesar 46,1 milyar. Pada Agustus 2006, Mizone mengadakan sampling road
show di beberapa kota besar pada pusat keramaian. Mizone memasuki sekolah
dengan membuat iklan dan pembuatan logo Mizone pada lapangan olahraga (lapangan
basket) serta di white board SMA ternama di beberapa kota besar.
Daftar
Pustaka
Pearce, J. A & Robinson, R.B (PR), Strategic Management : Manajemen Strategis,
Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian, Irwin Mc Graw-Hill Inc., Jakarta
: Salemba Empat, 2009
Thompson, A. A & Strickland, A.J (TS),
Strategic Management; Concepts and Cases, 11th edition, Irwin Mc Graw-Hill
Inc., Singapore, 2008
Hitt, M.A et, al. (H), Strategic Management;
Competitiveness and Globalization, West Publishing Company, St. Paul, 2009
Wheelen, Thomas S, Hunger, J. David. 2004. Strategic
Management And Business Policy. Pearson.
Khierul Saleh, 2012, https://khoerulsholeh.wordpress.com/2012/10/19/implementasi-strategi-perusahaan-pt-aqua/
JUMAT 8 JUNI 2018 JAM 09.45
Farah Damayanti, 2011, http://farahdamayanti.wordpress.com/2011/07/12/manajemen-stratejik-analisis-swot-pada-pt-aqua-danone/
JUMAT 11 MEI 2018 ( JAM 11.50 )
Andy Septian, 2013, https://andyseptianwibisono.wordpress.com/2013/06/25/tugas-manajemen-strategik-pt-aqua-golden-mississippi-tbk/
JUMAT 11 MEI 2018 ( JAM 11.55 )
Wawan, 2015, http://wawancigul.blogspot.com/2015/12/analisis-manajemen-strategik.html
JUMAT 8 JUNI 2018 JAM 10.00
Syamsul Arifin, 2016, http://syamsularifin52.blogspot.com/2016/03/implementasi-managemen-strategis.html
JUMAT 8 JUNI 2018 JAM 09.30
Nor Farida, 2014, http://norfaridah.mhs.narotama.ac.id/2014/03/12/strategi-taktik-dan-implementasi-managemen-strategik/
JUMAT 8 JUNI 2018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar