Selasa, 17 Juli 2018

STRATEGIC IMPLEMENTATION FROM SHORT TERM STRATEGY FUNCTIONAL LEVEL AND TACTIC PT AQUA









STRATEGIC MANAGEMENT


“STRATEGIC IMPLEMENTATION FROM SHORT TERM STRATEGY FUNCTIONAL LEVEL AND TACTIC PT AQUA”


NAMA       : LESTARY PERMATA SARI
NIM           : 55117010016
DOSEN      : Prof. Dr. Ir. HAPZI ALI, MM, CMA


Daftar Isi

Profil PT AQUA, Relevansi Visi dan Misi, Peluang dan Tantangan PT AQUA, Matriks EF PT AQUA, Kekuatan dan Kelemahan PT AQUA, Matriks IF PT AQUA, Variasi Strategis PT AQUA

A.    PROFIL PT AQUA

AQUA merupakan merek minuman yang sudah terpercaya hingga puluhan tahun sebagai merek terbaik. Terbukti AQUA sudah menerima berbagai penghargaan yang merupakan wujud kepercayaan dan kepuasan konsumen, antara lain: Indonesian Best Brand Award (penghargaan untuk merek terbaik Indonesia) dari tahun 2003-2004, Indonesian Customer Satisfaction Award (penghargaan untuk merek yang memberikan kepuasan tertinggi kepada konsumennya) dari tahun 2003 dan Indonesian Golden Brand Award di tahun 2005-2007.
Visi :
AQUA telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih dari 30 tahun. Sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejak didirikan tahun 1973, kini AQUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat Indonesia. Dulu dan kini, AQUA tetap dan selalu menjadi yang terbesar dan terdepan di Indonesia. Volume penjualan AQUA merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral.
Misi :
AQUA selalu ingin melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya program AKSI (AQUA untuk Keluarga Sehat Indonesia) dan AuAI (AQUA untuk Anak Indonesia).
Tujuan :
Tujuan merupakan pernyataan kualitatif mengenai keadaan atau hasil yang ingin dicapai dimasa yang akan datang. Dalam hal ini kita semua mengetahui bahwa tujuan utama dari tiap perusahaan yang menjalanakan usahanya adalah profit. Dan demi mencapai tujuan tersebut, AQUA dari tahun ke tahun melakukan inovasi produk. Yang dapat dilihat dalam “Sejarah PT. Danone AQUA”.


Strategi :
Dalam era persaingan yang semakin ketat, setiap kali sebuah perusahaan harus mengevaluasi kinerjanya, serta melakukan serangkaian perbaikan, agar tetap tumbuh dan dapat bersaing. Seperti; Meningkatkan jangkauan pemasaran ke suluh Indonesia dan mancanegara, Mencari sumber-sumber air di wilayah Indosesia dan International, Melakukan  lisensi pada setiap produk, Menigkatkan dukungan dan kepercayaan masyarakat terhadap air minum dalam  kemasan, Memberikan layanan ke masyarakat sekitar sumber air, dan Meningkatkan  kontrol distribusi produk dan pasokan dari pihak ke tiga dan pemasok distributor.

B.     RELEVANSI VISI DAN MISI

Visi, misi, tujuan, dan strategi yang digunakan oleh PT. Aqua Golden Missisippi, Tbk masih relevan dengan keadaan saat ini dan masih memungkinkan perusahaan untuk tetap berada pada dunia persaingan usaha air minum dalam kemasan di Indonesia. Dengan target pasar seluruh kalangan masyarakat Indonesia dan masyarakat luar negeri, Aqua menawarkan beberapa produk air mineral tidak hanya dalam bentuk kemasan. Aqua menawarkan beberapa produknya seperti, Aqua Reflection, Aqua 50, dan minuman isotonik Mizone.
Aqua makin mantap untuk bersaing di pasar Indonesia maupun luar Indonesia. Dengan terus melakukan inovasi produk, manajemen yang baik, dan segi promosi melalui iklan yang menarik, untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Aqua telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih dari 30 tahun dan Aqua akan tetap dan selalu menjadi pelopor air minum dalam kemasan yang terbesar dan terdepan di Indonesia, sebagai fokus usahanya. Sehingga Aqua akan selalu menjadi market leader untuk air minum dalam kemasan.
Aqua selalu ingin melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya program AKSI (AQUA untuk Keluarga Sehat Indonesia), AuAI (AQUA untuk Anak Indonesia) dan pembagian air bersih didaerah terpencil sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan. Hal ini didukung dengan adanya upaya untuk terus menciptakan nilai tambah dan mengembangkan inovasi pada produk sesuai dengan keadaan pasar yang dilakukan oleh PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk. Selain itu, dalam produksi Aqua harus benar-benar memperhatikan tekhnologi yang digunakan. Karena disini dalam penyaluran air, Aqua masih menggunakan bahan pralon bukan stainless.

C.    PELUANG DAN TANTANGAN PT AQUA

            Peluang:
ü  Bisnis air mineral menjanjikan
ü  Potensi Pasar
ü  Jangkauan Pemasaran
ü  Bahan Baku untuk wilayah indonesia melimpah
ü  Kesempatan pangsa pasar internasional
Tantangan:
ü  Lokasi sumber air
ü  Pemalsuan Produk
ü  Limbah kemasan
ü  Muncul Teknologi Filterisasi air
ü  Dukungan masyarakat skitar sumber air

D.    MATRIKS EF PT AQUA


Peluang
Bobot
Rating
Skor
Mempunyai peluang untuk merambah ke agen-agen kecil
0.26
3
0.78
Jenjang menuju strata distributor terbuka lebar
0.22
3
0.66
Aqua mempunyai kesempatan besar untuk menembus ke pasar internasional
0.24
3
0.72
Sosialisasi ke masyarakat mengenai pentingnya mengkonsumsi air mineral yg bersih dan higenis
0.28
3
0.84
Jumlah
1.00
3.00






Ancaman
Bobot
Rating
Skor
Tidak stabilnya nilai tukar rupiah
0.38
-3
-0.11
Mulai muncul produk air mineral baru
0.37
-2
-0.74
Melemahnya daya beli konsumen
0.13
-3
-0.39
Munculnya depo air minum isi ulang
0.12
-3
-0.36
Jumlah
1.00
-1.60





Competitive Profile Matriks
Faktor-faktor keberhasilan penting
Bobot
Aqua
Ades
Nestle
Rating
Skor
Rating
Skor
Rating
Skor
Iklan
0.15
3
0.45
1
0.15
2
0.30
Kualitas Produk
0.15
2
0.30
1
0.15
3
0.45
Daya Saing harga
0.10
3
0.30
2
0.20
2
0.20
Manajemen
0.10
3
0.30
2
0.20
4
0.40
Posisi keuangan
0.10
3
0.20
2
0.20
3
0.30
Loyalitas konsumen
0.15
3
0.45
2
0.30
3
0.45
Ekspansi global
0.05
3
0.15
2
0.10
3
0.15
Pangsa Pasar
0.20
3
0.60
2
0.40
3
0.60
Total
1
2.75
1.70
2.85
           
Kami memilih Ades dan Nestle sebagai kompetitor dari Aqua karena masing-masing dari kompetitior memiliki faktor-faktor keberhasilan penting di pasaran. Mulai dari Pengiklanan, Daya Saing Produk, Manajemen, Pangsa pasar dan faktor penunjang lainnya.
Dari segi kemasan produk, kedua kompetitor ini memiliki desain produk yang menarik dan efesiensi kemasan yang baik, tidak kalah dengan brand Aqua. Seperti botol kemasan yang dibuat lebih tipis sehingga menekan biaya produksi, akan tetapi tetap adanya inovasi dari segi tampilan produk. Selain itu, kedua produk ini memiliki daya saing dalam hal harga yang hampir sama dengan Aqua. Hal-hal seperti inilah yang akan menjadi ancaman dari produk Aqua, maka Aqua perlu mengevaluasi dan pengendalian lebih dalam lagi.
Di sini Aqua masih kalah dengan Nestle dalam hal mesin produksi yang lebih modern dan teknologi filterisasi air yang lebih higenis. Dari kekurangan dan keterbatasan dari Aqua tadi, Aqua masih memiliki keunggulan seperti, Brand Aqua yang tetap menjadi market leader untuk air minum dalam kemasan.


E.     KEKUATAN DAN KELEMAHAN PT AQUA

            Kekuatan:
ü  Brand Aqua Danone sangat kuat
ü   Periklanan yang yang berbeda dan lebih menarik
ü   Promosi produk
ü   Design Kemasan Produk bervariatif
Kelemahan:
ü  Distribusi Produk Menggunakan Pihak ketiga
ü  Kendali pasokan/stock berada pada distributor utama
ü  Jangkauan pemasaran

F.     MATRIKS IF PT AQUA


Kekuatan
Bobot
Rating
Skor
Brand Aqua Danone sangat kuat
0.30
3
0.90
Periklanan yang yang berbeda dan lebih menarik
0.25
2
0.50
Promosi produk
0.15
2
0.30
Design Kemasan Produk bervariatif
0.30
2
0.60
Jumlah
1.00
2.30




Kelemahan
Bobot
Rating
Skor
Distribusi Produk Menggunakan Pihak ketiga
0.30
-2
-0.60
Kendali pasokan/stock berada pada distributor utama
0.36
-2
-0.72
Jangkauan pemasaran
0.34
-2
-0.68
Total
1.00
-2.00



















8.                  Analisis SWOT dan Matrik BCG
Strenghts
Weakness
IF
S1 Brand Aqua Danone sangat kuat
S2 Periklanan yang yang berbeda dan lebih menarik
S3    Promosi produk
S4    Design Kemasan Produk bervariatif
W1 Distribusi Produk menggunakan Pihak ketiga
W2      Kendali pasokan/stock berada pada distributor utama
W3 Jangkauan pemasaran

EF
Opportunities
SO
WO
O1 Bisnis air mineral menjanjikan
O2 Potensi Pasar
O3 Jangkauan Pemasaran
O4 Bahan Baku untuk wilayah indonesia melimpah
O5 Kesempatan pangsa pasar internasional
Kemasan Aqua semakin beragam (S4O2)
Aqua mempunyai kesempatan besar untuk bisa menembus pasar Internasional (W3O5)
Perusahaan melakukan pengembangan produk dengan memperhatikan mulai dari awal pengisian air sampai dengan pengemasan akhir dengan inovasi terbaru Tutup Aqua Galon yang unik dan inovatif. (S4O1)
Jenjang menuju strata Distributor terbuka lebar (W2O2)
Threats
ST
WT
T1 Lokasi sumber air
T2 Pemalsuan Produk
T3 Limbah kemasan
T4 Muncul Teknologi Filterisasi air
T5 Dukungan masyarakat skitar sumber air
Track record distribusi Aqua Danone bisa dipakai referensi untuk melebarkan sayap bisnis  produk Danone Food (Biskuat dll) (S1T5)
Meminimalisasi biaya produksi (W1T1)
PT. Aqua Danone meluncurkan minuman berisotonik yaitu Mizone (S2T4)
Mengurangi penumpukan stock di gudang (W2T4)

BCG MATRIKS
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjFE5n25XVhBtQnGYsYkRADAZLPXYXoT8EiAQWwMHLfxVjAuWqWvEa-s2c9L4OrbbKoEfYlWClqHtkn3SRUHxBciI-9PfT32b5EyhVog_FmYnb2sfM4UvMBJScp1428uAO8cW4NbdyMOAU/s200/12370987791181538787ensarija_Star_%2528soft_edges%2529.svg.hi+-+Copy.png

AQUA
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhf15eZYFcCHkCg1kYjtqw7lv-S8tcEQgmwgBOzwdA9v5rLMMlXsNnqCLOLJ8N1gYhtwSSFh3to6Z4RWwpUG1KcCGQU6s0LIV_XwCETZJ3mW5ZKZPR8Ue2jaA367GlaC1E9J958pGbFmYY/s200/question-701-question-mark-design.png

AQUA REFLECTION
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiuSsa5TwvB6Hc1K7ToOIj1o-x5mDcwnTLDDLnEInmwVrgFsa8ssQMjyKy_mtiD1vwt18m39tRbpPDufTRrJxQLuDX_aRm8EyLERKIt3e-2ksCFpX2AYZmRglrop3xucqtxA7rEWxmA8z8/s200/sapi+%25281%2529.jpg

MIZONE
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkFtD6S1P-RCQX6F3q6N-zxIEet7wZCVjuL5nk9etFgu3sDkNvXK3CVqRPQTRCHfCKOK6-wPeDFBOkV6YnFvfG4J6kwrKrsTr0EzQV5CiFELoFbJFdP_xcY3O1hSI3dxJN-TEGJilM9uI/s200/kartun-anjing-lucu-malu-dilihat-anjing+-+Copy.png
AQUA 50

1.      Tanda tanya (Question Mark): memiliki posisi pangsa pasar relatif yang rendah, tetapi mereka bersaing dalam industri yang bertumbuh pesat. Pertumbuhan produk turunan Aqua yaitu Aqua Reflection terbilang rendah tetapi juga bersaing  di industri yang bertumbuh pesat.
2.      Bintang (Star): memiliki peluang jangka panjang terbaik untuk pertumbuhan dan profitabilitas bagi organisasi. Dalam hal ini produk Aqua merupakan produk unggulan yang pertumbuhannya terus meningkat dan memiliki pangsa pasar yang luas.
3.      Sapi perah (Cash Cow): memiliki pangsa pasar relatif yang tinggi tetapi bersaing dalam industri yang pertumbuhannya lambat. Meskipun pangsa pasar Aqua tinggi, namun salah satu produknya yaitu Mizone mengalami pertumbuhan yang masih rendah.
4.      Anjing (Dog): memiliki pangsa pasar relatif yang rendah dan bersaing dalam industri yang pertumbuhannya rendah atau tidak tumbuh. Pertumbuhan produk turunan Aqua yaitu AQUA 50 terbilang rendah, begitu juga dengan pangsa pasarnya.
Manfaat analisis SWOT adalah untuk menganalisis dan mengetahui faktor-faktor internal perusahaan (kekuatan dan kelemahan) dan faktor-faktor eksternal perusahaan (peluang dan ancaman) yang bisa digunakan untuk menetapkan strategi apa yang sebaiknya digunakan.
Kelebihan dari matriks BCG adalah salah satu alat pembuat keputusan yang paling mudah. Hanya dengan membaca grafiknya, orang akan dapat dengan mudah melihat di posisi manakah perusahaan mereka berada. Matriks ini memusatkan perhatian pada arus kas, karakteristik investasi, dan kebutuhan berbagai divisi organisasi. Adapun untuk kelemahan dari matriks ini hanya menggunakan dua dimensi yaitu pangsa pasar relatif dan tingkat pertumbuhan pasar. Kemungkinan sulit mendapatkan data pangsa pasar maupun tingkat pertumbuhan pasar. Terlalu menyederhanakan banyak bisnis karena memandang semua bisnis sebagai bintang, sapi perah, anjing atau tanda tanya.
1.   Rekomendasi Strategi Jangka Panjang
Berdasarkan analisis SWOT, kami mengkombinasikan kekuatan perusahaan dengan peluang yang dimiliki untuk menciptakan sebuah strategi, yaitu dengan selalu melakukan inovasi dalam pengemasan produk sehingga dapat menarik minat konsumen baru dan menjadi nilai kompetitif dari produk pesaing, serta dengan meningkatkan kualitas SDM serta mesin operasional yang baru untuk menghasilkan air minum dalam kemasan (AMDK) yang sehat serta higienis.
Sedangkan berdasarkan analisis matrik BCG, salah satu produk Aqua yaitu Aqua Reflection berada pada level Question Mark, di mana pangsa pasarnya rendah namun pertumbuhannya tinggi yang sebenarnya masih bisa ditingkatkan menjadi level Star. Aqua Reflection sendiri merupakan produk sejenis dengan Aqua yaitu air minum dalam kemasan (AMDK), namun dalam pemasarannya memiliki segmen yang berbeda, karena Aqua Reflection mempunyai harga lebih tinggi dari Aqua sehingga lebih ditujukan pada konsumen menengah keatas. Dengan melakukan promosi yang gencar maka Aqua Reflection dapat menguasai pangsa pasar.
2.     Hasil yang diharapkan
Dari strategi SWOT di atas, diharapkan perusahaan mampu berinovasi untuk selalu mengikuti selera konsumen, dalam hal ini yaitu untuk selalu berinovasi dalam pengemasan produk. Sehingga Aqua bisa tetap bertahan sebagai market leader dalam industri air minum dalam kemasan (AMDK). Selain itu, untuk menjaga citra positiv brand Aqua, dapat dilakukan dengan melakukan program CSR. Dengan melakukan program CSR, AQUA berusaha memberikan bantuan air bersih untuk wilayah terpencil sekaligus sebagai salah satu promosinya bahwa Aqua juga perduli terhadap sesama.

3.     Rekomendasi Tujuan Tahunan
Tujuan jangka panjang PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk adalah selalu menyediakan dan memberikan air bersih kepada masyarakat Indonesia. Dari tujuan jangka panjang tersebut dapat diuraikan menjadi tujuan jangka pendek untuk satu tahun kedepan. Berkaitan dengan adanya MEA tahun 2016, maka kami menetapkan strategi pengembangan pangsa pasar untuk wilayah ASEAN. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas SDM, mendatangkan mesin operasi terbaru, melakukan promosi yang inovatif, serta dengan menerapkan ISO9002.

5.      Rekomendasi Evaluasi Strategi
Mengkaji Landasan Strategi
Pada perusahaan Aqua kami menggunakan Analisis SWOT serta Matriks BCG. Analisis SWOT digunakan untuk melihat faktor internal perusahaan (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal perusahaan (peluang dan ancaman). Sedangkan matriks BCG digunakan untuk melihat posisi produk Aqua di pasar. Dengan melakukan analisis dengan menggunakan dua teknik analisis tersebut, dapat untuk mengatasi permasalahan yang ada serta menghasilkan strategi baru untuk perusahaan Aqua.
Mengukur Kinerja Perusahaan
Untuk melakukan pengukuran kinerja perusahaan dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu: Membandingkan kinerja perusahaan dari tahun ke tahun serta dengan membandingkan dengan perusahaan pesaing. Namun, mulai tahun 2011 Aqua melakukan delisting dari bursa karena go private,sehingga laporan keuangannya tidak dipublikasikan untuk umum. Untuk perbandingan dengan perusahaan pesaing, kita akan mengambil perbandingan dengan Ades di tahun 2010, Aqua memiliki total aset sebesar 26.247.527, sedangkan Ades memiliki total aset 316.048.
Tindakan korektif
ü  Menerapkan ISO 9002
ü  Menjaga citra positiv Aqua agar selalu dipercaya oleh konsumen salah satunya dengan CSR.
ü  Melakukan inovasi dalam pengemasan produk

G.    VARIASI STRATEGIS PT AQUA

Strategi Tingkat Corporate
Berbagai cara dilakukan oleh PT. Aqua Danone untuk menarik konsumen sebanyak mungkin, salah satunya dengan cara memberi selogan yang bagus dari semua produk, membuat iklan yang menarik, promosi di setiap pelosok tanah air, dan lain-lain. Semua ini dilakukan agar semua orang tertarik untuk membeli atau mencoba memakai produk dari PT. Aqua Danone yang nantinya diharapkan bisa menjadi pelanggan mereka.
Strategi yang digunakan:
Memberikan pelayanan dan kualitas yang maksimal dengan tujuan agar pelanggan selalu merasa puas dalam menggunakan produk dari PT. Aqua Danone. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan pelanggan agar tidak berpaling kepada produk yang lain
Mengoptimalkan unsur 4 P marketing mix (Produk, Harga, Distribusi, Promosi) yang kompetitif Kemasan Aqua semakin beragam ( dari kemasan gelas, botol kecil, sedang hingga galon )

CONTOH :
Inovasi terbaru tutup Aqua Galon yang unik dan inovatif, dan secara eksklusif dilengkapi segel transparan dengan hologram untuk menjamin terjaganya produk alami dari tiap tetes Aqua.
DIFFERENSIASI
AQUA melakukan strategi diferensiasi produk dan diferensiansi layanan, dimana dapat dilihat dengan melakukan strategi diferensiasi yang tepat, AQUA dapat memposisikan  perusahaannya sebagai market leader.
Diferensiasi yang tepat pula, para pesaing –pesaing AQUA tidak dapat menjadi kompetitor  yang cukup tangguh  bagi AQUA. Diferensiasi produk yang dilakukan AQUA adalah dengan membuat Air minum dalam kemasan yang higienis, aman dikonsumsi, dan mengandung mineral yang utuh pada setiap tetesnya karena adanya teknologi mutakhir  yang tidak dimiliki oleh pesaingnya.
Diferensiasi layanan dari AQUA adalah AQUA sangat mengutamakan kualitas pelayanan terhadap customer. Dengan PT AQUA Danone memiliki pelayanan pelanggan yang mudah di akses konsumen “AQUA menyapa” di nomor Call Center 0807-15-88888.untuk memudahkan kosumen memberikan kritik dan saran serta melayani keluhan pelanggan dengan pelayanan maksimal.
Value Chain Untuk Diferensiasi
Adanya kesesuaian antara kemampuan perusahaan untuk menciptakan produk berkualitas yang sesuai dengan permintaan para pelanggan
ü  Menciptakan sebuah analisa rantai nilai
ü  Memiliki laboratorium pribadi perusahaan sebagai penunjang penjaminan mutu, sehingga aman untuk dikonsumsi konsumen
ü  Memiliki lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang dapat diakses oleh pelanggannya di seluruh
ü  Memiliki tenaga kerja yang ahli di setiap bidangnya.
ü  Memiliki 14 pabrik yang tersebar di seluruh Indonesia.
ü  Memiliki SOP dan Standar ISO serta GMP
ü  Memiliki pelayanan pelanggan yang mudah di akses konsumen “AQUA menyapa” di nomor Call Center 0807-15-88888.untuk memudahkan kosumen memberikan kritik dan saran serta melayani keluhan pelanggan dengan pelayanan maksimal.
Memilih dan menentukan faktor-faktor kunci
ü  Memiliki laboratorium pribadi perusahaan sebagai penunjang penjaminan mutu, sehingga aman untuk dikonsumsi konsumen
ü  Memiliki tenaga kerja yang ahli di setiap bidangnya
ü  Memiliki 14 pabrik yang tersebar di seluruh Indonesia.
ü  Tempatkan keterkaitan antara rantai nilai perusahaan dan pelanggan.
ü  Perusahaan menciptakan rantai nilai dengan pelanggan diantaranya:
ü  Memberikan pelayananan yang maksimal kepada konsumen maupun rekan usaha (agen)
ü  Menjaga brand AQUA yang sudah cukup kuat dan dikenal sebagai pelopor Air minum dalam kemasan di Indonesia.dengan selalu menjaga kualitas dan mutu produk.
Manajeman strategi pemasaran yang diterapkan di PT. Aqua Golden Mississippi adalah :
1.      Strategi menarik konsumen
Berbagai cara dilakukan oleh PT. Aqua Golden Mississippi untuk menarik konsumen sebanyak mungkin, salah satunya dengan cara memberi selogan yang bagus dari semua produk, membuat iklan yang menarik, promosi di setiap pelosok tanah air, dan lain-lain. Semua ini dilakukan agar semua orang tertarik untuk membeli atau mencoba memakai produk dari PT. Aqua Golden Mississippi yang nantinya diharapkan bisa menjadi pelanggan mereka.

2.      Strategi mempertahankan pelanggan
Di strategi ini PT. Aqua Golden Mississippi berpendapat bahwa pelanggan itu yang paling penting untuk perusahaan. Tanpa pelanggan atau konsumen, perusahaan tidak akan menjadi seperti sekarang ini. Maka dari it demi kepuasan pelanggan PT. Aqua Golden Mississippi memberikan pelayanan dan kualitas yang maksimal dengan tujuan agar pelanggan selalu merasa puas dalam menggunakan produk dari PT. Aqua Golden Mississippi. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan pelanggan agar tidak berpaling kepada produk yang lain.
3.      Strategi promosi untuk menguasai pasar
Untuk dapat menjaring pelanggan yang banyak PT. Aqua Golden Mississippi menggunakan cara yang paling utama, yaitu promosi melalui iklan-iklan yang berkualitas dan mudah dimengerti, baik iklan di media elektronik maupun di media cetak serta yang lainnya.
      Strategi Pemasaran dengan Marketing Mix
 Marketing mix merupakan suatu alat marketing yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan marketing dalam pasar target. Dalam hal ini Mizone sebagai produk baru minuman isotonik menunjukkan eksistensinya dengan mengoptimalkan unsur 4 P marketing mix (Produk, Harga, Distribusi, Promosi) yang kompetitif.
Strategi Marketig Mix PT Danone Aqua terhadap Mizone
1. Produk (product)
Mizone yang diproduksi oleh Danone Aqua merupakan kategori minuman isotonik bernutrisi. Diluncurkan pertama kali pada 27 September 2005 di Surabaya dengan rasa orange lime yang menyegarkan, rasa passion fruit yang memanjakan selera, dan pada Juni 2008 meluncurkan varian baru dengan rasa lychee lemon yang sensasional. Mengandung Hydromaxx yaitu : Vitamin B1, B3, B6, dan B12 untuk membantu metabolisme karbohidrat menjadi energi, Vitamin C, sebagai antioksidan untuk menjaga kahidupan sel dalam tubuh, dan elektrolit untuk menggantikan mineral yang hilang akibat pengeluaran keringat. Bahan dasar Mizone menggunakan air mineral Aqua dan sari buah alami melalui proses kristalisasi. Mizone sendiri merupakan produk yang sudah terkenal di Australia, New Zealand, dan Cina.
Pada November 2006 Mizone dilanda krisis karena tidak menantumkan salah satu bahan pengawet (natrium benzoat) dalam kemasannya. BPOM memberikan tenggat waktu hingga Desember 2006 agar Mizone menarik produknya dari pasaran dan memperbaiki label pada kemasan. Pada saat itu, Mizone sudah beredar di 30 depo, 50 distributor dan 1 juta outlet di seluruh Indonesia. Penjualan turun drastis sedikitnya Rp 35 miliar perhari. Untuk mengembalikan kepercayaan konsumen, Mizone melakukan edukasi kepada konsumen melalui promosi baik below the line maupun above the line.
2. Harga (Price)
Dalam soal harga, Mizone sangat kompetitif sekitar Rp 2.500 untuk isi 500 mL, jika dibandingkan dengan isotonik dalam kemasan kaleng yang yang harganya sekitar Rp 3.300 untuk isi 330 ml .
3. Distribusi (Place)
Distribusi Mizone berorientasi nasional menggunakan jalur distribusi Aqua yang sangat luas, kuat di pasar tradisional (mudah dijumpai di warung dan toko-toko yang menjual produk Aqua). Sampai ada suatu istilah di kalangan distributor “di mana ada Aqua, disitu ada Mizone”.
4. Promosi (Promotion)
 Target pasar Mizone adalah semua kalangan umur, namun dalam kampanyenya lebih ditujukan kepada kalangan usia 18-35 tahun dengan aktivitas yang dinamis. Mizone melakukan kampanye besar-besaran lewat placement iklan di televisi (TV), radio, media cetak, dan media luar ruang. Belanja iklan Mizone sepanjang 2006 paling besar dibandingkan kompetitornya, yaitu sebesar 46,1 milyar. Pada Agustus 2006, Mizone mengadakan sampling road show di beberapa kota besar pada pusat keramaian. Mizone memasuki sekolah dengan membuat iklan dan pembuatan logo Mizone pada lapangan olahraga (lapangan basket) serta di white board SMA ternama di beberapa kota besar.

Daftar Pustaka


Pearce, J. A & Robinson, R.B (PR), Strategic Management : Manajemen Strategis, Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian, Irwin Mc Graw-Hill Inc., Jakarta : Salemba Empat, 2009
Thompson, A. A & Strickland, A.J (TS), Strategic Management; Concepts and Cases, 11th edition, Irwin Mc Graw-Hill Inc., Singapore, 2008
Hitt, M.A et, al. (H), Strategic Management; Competitiveness and Globalization, West Publishing Company, St. Paul, 2009
Wheelen, Thomas S, Hunger, J. David. 2004. Strategic Management And Business Policy. Pearson.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar