NAMA : LESTARY PERMATA SARI
NIM : 55117010016
DOSEN : Prof. Dr. HAPZI
ALI, CMA
PASCASARJANA MAGISTER
MANAJEMEN
UNIVERSITAS MERCUBUANA TAHUN
2018
STRATEGIC MANAGEMENT
EXTERNAL MICRO ENVIRONMENT
ANALYSIS
A. ANALISIS LINGKUNGAN EKSTERNAL
Sebagian besar perusahaan menghadapi
lingkungan eksternal yang sangat bergejolak, kompleks, dan kondisi global- yang
membuat menginterpretasikannya semakin sulit. Untuk mengatasi apa yang sering data lingkungan ambigu dan tidak
lengkap dan untuk meningkatkan ing mengerti- mereka dari lingkungan umum,
perusahaan-perusahaan terlibat dalam proses yang disebut analisis lingkungan
eksternal. Proses berkelanjutan meliputi empat kegiatan: scanning, monitoring,
pengecoran bagian depan, dan menilai Mereka menganalisis lingkungan eksternal
harus memahami bahwa menyelesaikan analisis ini adalah sulit, namun signifikan,
aktivitas.
Tujuan penting dari mempelajari lingkungan
umum adalah mengidentifikasi peluang dan ancaman. Kesempatan adalah suatu
kondisi di lingkungan umum bahwa, jika dieksploitasi, membantu perusahaan
mencapai daya saing strategis. Misalnya, pada tahun 2004 ada 1,5 miliar
menggunakan ponsel dan 690 juta ponsel terjual, yang enam kali jumlah PC dan
laptop dijual. Banyak perusahaan besar hiburan, perusahaan telepon tele, dan
sejumlah besar start-up akan mencari kesempatan untuk pindah ke platform ponsel
yang akan memungkinkan video digital dan musik untuk streaming lebih mudah pada
perangkat kecil. Di Amerika Serikat saat ini ada 182 juta sel pengguna telepon,
yang mewakili sekitar rasio penetrasi duapertiga. Pengguna ini menghabiskan $ 4
miliar pada layanan data digital. Tapi ini hanya menggaruk permukaan kesempatan
ini, karena layanan tersebut hanya menyumbang 4 persen dari pendapatan seluler. Berikut Bagan Komponen Eksternal Analisa
Lingkungan :
1. Scanning memerlukan studi semua segmen dalam lingkungan umum. Melalui scan- ning,
perusahaan mengidentifikasi tanda-tanda awal perubahan potensial dalam
lingkungan umum dan mendeteksi perubahan yang sudah berlangsung.
Ketika
memindai, perusahaan sering berkaitan dengan ambigu, tidak lengkap, atau tidak
berhubungan data dan informasi. pemindaian lingkungan sangat penting untuk
perusahaan yang bersaing dalam lingkungan yang sangat volatile.
Selain itu, kegiatan scanning harus selaras dengan konteks
organisasi; sistem scanning yang dirancang untuk lingkungan volatile tidak pantas untuk sebuah
perusahaan dalam lingkungan yang stabil.
2. Pemantauan, Penting untuk
pemantauan sukses adalah kemampuan perusahaan untuk mendeteksi makna dalam
peristiwa lingkungan yang berbeda dan tren. Perusahaan di sektor
perencanaan keuangan bisa memantau perubahan ini di segmen ekonomi untuk
menentukan sejauh mana tren kompetitif penting yang muncul. Dengan memonitor
tren, perusahaan dapat dipersiapkan untuk memperkenalkan barang dan jasa yang
baru pada waktu yang tepat untuk mengambil keuntungan dari peluang tren
diidentifikasi menyediakan. monitoring yang efektif memerlukan
perusahaan untuk mengidentifikasi stakeholder penting. Karena pentingnya
pemangku kepentingan yang berbeda dapat bervariasi selama siklus hidup suatu
perusahaan, hati-hati tion atten- harus diberikan dengan kebutuhan perusahaan
dan kelompok pemangku kepentingan di seluruh waktu,
3. Peramalan Ketika peramalan, analis mengembangkan proyeksi layak dari
apa yang mungkin terjadi, dan seberapa cepat, sebagai akibat dari perubahan dan
tren dideteksi melalui pemindaian dan pengawasan. Peramalan
kejadian dan hasil akurat menantang. Alcas Corporation adalah perusahaan
pemasaran langsung yang fitur Cutco Cutlery. Cutco Cutlery dalam aliansi dengan
Vector Marketing, perusahaan lain yang dipegang oleh Alcas. Cutco menghasilkan
berbagai macam pisau dan peralatan memotong dan memiliki merek terkenal. Namun,
pada tahun 2001 itu punya masalah peramalan sulit. Perusahaan ini telah
diperkirakan meningkat 25 persen dalam penjualan, namun penjualan benar-benar
meningkat 47 persen. Meskipun umumnya positif, ini menciptakan kekurangan dan
Cutco Cutlery tidak memiliki kapasitas untuk memenuhi pesanan di tepat waktu
yang biasa. persalinan normal dua sampai tiga minggu akhirnya didorong ke lima
atau enam minggu. Ini adalah masalah penting karena perusahaan telah membangun
reputasi padapengiriman
cepat sebagai cara untuk membedakan nilai yang menyediakan kepada konsumen.
4. Menilai, penilaian adalah untuk menentukan implikasi dari pemahaman
bahwa bagi organisasi. Tanpa penilaian, perusahaan yang tersisa dengan data
yang mungkin menarik tetapi relevansi kompetitif tidak diketahui. Meskipun
pentingnya mempelajari lingkungan, bukti nyarankan- gests bahwa hanya
persentase yang relatif kecil perusahaan menggunakan proses formal untuk
mengumpulkan dan menyebarkan informasi tersebut. Bahkan jika penilaian formal
tidak memadai, penafsiran yang tepat dari yang mation informal penting. Menilai
juga penting dalam memastikan strategi yang tepat. Seperti disebutkan
sebelumnya, kesempatan besar berikutnya bagi perusahaan ponsel tampaknya menjadi
“visi sel,” kemampuan untuk menerima video pada ponsel. Banyak perusahaan,
termasuk produsen media seperti Disney, produsen ponsel seperti Motorola, dan
operator layanan telepon seluler seperti Sprint, mencari untuk membuat uang
dari tren baru ini.
B. ANALISIS LINGKUNGAN MIKRO
Kata environment
dalam bahasa Indonesia berarti lingkungan jadi bisa kita artikan kalau
marketing environment itu lingkungan
pemasaran. Dengan kata lain, lingkungan sekitar kita dalam melakukan aktifitas
pemasaran itu termasuk marketing environment. marketing environment
adalah kumpulan pengaruh non-marketing yang berdampak pada keberhasilan seorang
manajer marketing dalam membentuk dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan
yang diinginkan.
Dari pengertian diatas ada beberapa kata penting
yang perlu diperhatikan yaitu : pengaruh non-marketing juga membentuk dan
menjaga hubungan. Pengaruh non-marketing disini berarti segala sesuatu yang
bukan bagian dari pemasaran tetapi dapat mempengaruhi proses pemasaran seperti
inflasi, pekerja, politik dan lain sebagainya. Sedangkan membentuk dan menjaga
hubungan adalah tujuan dari mengetahui marketing environment.
Marketing
environment
atau lingkungan pemasaran secara umum terbagi menjadi 2 yaitu internal
environment dan eksternal environment, semua lingkungan tersebut sangat
mempengaruhi pada proses pemasaran yang anda lakukan.
1. Internal environment – ialah
lingkungan yang berawal dari diri anda atau perusahaan anda. Mulai dari
pekerja, kebijakan perusahaan, struktur perusahaan, aset pokok dan lain
sebagainya. Semua faktor yang berada dalam lingkungan ini dapat dikontrol dan
diatur sedemikian hingga sesuai dengan keadaan.
2. Eksternal environment – dari
katanya dapat diketahui bahwa lingkungan ini dipengaruhi dari luar anda. Karena
pengaruh luar ini sangat banyak sehingga dilakukan generalisasi dan dikenalah
istilah micro environment dan macro environment.
Perbedaan antara Lingkungan
Mikro dan Lingkungan Makro diantaranya sebagai berikut :
- Lingkungan
mikro adalah lingkungan yang berada dalam kontak langsung dengan
perusahaan. Lingkungan yang tidak spesifik untuk perusahaan tertentu namun
dapat mempengaruhi kerja semua kelompok usaha dikenal dengan Macro
Environment.
- Faktor
lingkungan mikro hanya mempengaruhi bisnis tertentu, namun faktor
lingkungan makro mempengaruhi semua entitas bisnis.
- Faktor
lingkungan mikro dapat dikendalikan oleh bisnis. Namun, variabel
makroekonomi tidak terkendali.
- Elemen
lingkungan mikro mempengaruhi secara langsung dan teratur terhadap
perusahaan yang berlawanan dalam hal lingkungan makro.
- Studi
tentang lingkungan mikro digambarkan sebagai analisis KOSMIK. Sebaliknya,
Analisis PESTLE adalah studi tentang lingkungan makro.
Adapun Faktor dakam Lingkungan
Mikro adalah sebagai berikut :
Pemasok: Pemasok dapat
mengendalikan keberhasilan bisnis saat mereka memegang kekuasaan. Pemasok
memegang kekuasaan saat mereka menjadi satu-satunya pemasok terbesar barang
mereka; pembeli tidak penting bagi bisnis pemasok; produk pemasok merupakan
bagian inti dari produk jadi dan / atau bisnis pembeli. Sourcing
barang yang digunakan dalam produksi atau penjualan kembali dan
mendistribusikan inventaris Anda ke pelanggan juga penting. Produsen
mengandalkan pemasok bahan dan perusahaan penjualan kembali bergantung pada
produsen atau pedagang grosir untuk mengangkut barang. Untuk beroperasi secara
menguntungkan, Anda perlu mendapatkan nilai bagus untuk produk dan persediaan
dan, pada gilirannya, menawarkan nilai terbaik kepada pelanggan Anda dengan
solusi yang mudah diakses.
Reseller: Jika produk
yang dihasilkan oleh perusahaan dipasarkan oleh pengecer pihak ketiga atau
perantara pasar seperti pengecer, pedagang grosir, dan lain-lain, keberhasilan
pemasaran dipengaruhi oleh pengecer pihak ketiga. Misalnya, jika penjual eceran
adalah nama yang memiliki reputasi bagus maka reputasi ini dapat dimanfaatkan
dalam pemasaran produk.
Pelanggan: Pelanggan memiliki dampak mikroekonomi
paling langsung terhadap bisnis. Fakta sederhana adalah bahwa Anda tidak dapat
berhasil mengoperasikan perusahaan nirlaba tanpa menarik pelanggan yang
ditargetkan. Mengetahui tipe pelanggan ideal Anda dan mengembangkan dan
menyajikan kampanye pemasaran yang efektif merupakan bagian integral untuk
membangun basis pelanggan dan menghasilkan arus pendapatan. Siapa pelanggannya (B2B atau B2C, lokal atau
internasional, dll.) Dan alasan mereka untuk membeli produk akan memainkan
peran besar dalam bagaimana Anda mendekati pemasaran produk dan layanan Anda
kepada mereka.
Kompetisi: Mereka
yang menjual produk dan layanan yang sama atau serupa karena organisasi Anda
adalah pesaing pasar Anda, dan cara menjualnya perlu diperhitungkan. Bagaimana
perbedaan harga dan produk mereka mempengaruhi Anda? Bagaimana Anda bisa
memanfaatkan ini untuk menuai hasil yang lebih baik dan mendahului mereka?. Pesaing
Tingkat
persaingan juga mempengaruhi penghidupan ekonomi Anda. Secara teori, lebih
banyak pesaing berarti pangsa dolar yang dihabiskan pelanggan berkurang. Namun,
sejumlah besar pesaing di industri biasanya menandakan banyak permintaan akan
produk atau layanan yang diberikan. Jika sebuah industri tidak memiliki
persaingan, Anda mungkin tidak menemukan cukup banyak permintaan untuk berhasil
dalam jangka panjang.
Masyarakat umum
Organisasi Anda memiliki kewajiban untuk memuaskan masyarakat. Setiap tindakan perusahaan
Anda harus dipertimbangkan dari sudut masyarakat umum dan bagaimana dampaknya.
Masyarakat memiliki kekuatan untuk membantu mencapai tujuan Anda; sama seperti
mereka juga bisa mencegah Anda mencapainya. Komunitas
dan media lokal Anda juga memengaruhi citra bisnis Anda yang sedang
berlangsung.Masyarakat sering mendukung perusahaan yang menyediakan pekerjaan,
membayar pajak dan beroperasi dengan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Jika
Anda tidak melakukan hal-hal ini, Anda mungkin mengalami reaksi publik yang
negatif. Media lokal sering membantu cerita Anda berkembang biak, menjadi lebih
baik atau lebih buruk.
Para Karyawan, Pekerja Anda
memproduksi, menjual atau melayani barang dan jasa yang mendorong bisnis
Anda.Ketersediaan karyawan yang berkualitas dan termotivasi untuk jenis bisnis
Anda sangat penting bagi keberhasilan ekonomi. Jika Anda menjalankan bisnis
yang sangat teknis, misalnya, Anda mungkin harus membayar lebih banyak gaji
untuk menarik sejumlah terbatas pekerja khusus yang ada.
Investor , Pemegang
saham dan investor dapat membantu mendanai perusahaan Anda saat start-up atau
saat Anda ingin tumbuh. Tanpa dana untuk membangun dan memperluas, Anda mungkin
tidak bisa mengoperasikan bisnis. Anda bisa melihat ke kreditor, tapi Anda
harus melunasi pinjaman dengan bunga. Dengan mengambil investor, Anda berbagi
risiko operasi dan sering mendapatkan dukungan dan keahlian. Anda memang bisa
mengendalikannya.
C. INDUSTRI ANALISIS LINGKUNGAN
Sebuah
industri adalah sekelompok perusahaan yang memproduksi produk yang merupakan
barang substitusi dekat. Dalam perjalanan kompetisi, perusahaan-perusahaan ini
mempengaruhi satu sama lain. Biasanya, industri termasuk campuran kaya strategi
kompetitif yang menggunakan perusahaan dalam mengejar ness competitive- strategis
dan pengembalian atas rata-rata.
Model
lima kekuatan persaingan memperluas arena untuk analisis kompetitif. Secara
historis, ketika mempelajari lingkungan yang kompetitif, perusahaan
berkonsentrasi pada haan com- dengan yang mereka berkompetisi secara langsung.
Namun, perusahaan-perusahaan harus mencari lebih luas untuk mengidentifikasi
pesaing saat ini dan potensi dengan mengidentifikasi pelanggan potensial serta
perusahaan-perusahaan melayani mereka. Bersaing untuk pelanggan yang sama dan
dengan demikian dipengaruhi oleh bagaimana lokasi nilai pelanggan dan kemampuan
perusahaan dalam keputusan mereka disebut sebagai struktur mikro pasar.
Model
lima kekuatan mengakui bahwa pemasok dapat menjadi pesaing perusahaan (dengan
mengintegrasikan ke depan), seperti dapat pembeli (dengan mengintegrasikan
mundur). Beberapa perusahaan telah terintegrasi maju dalam industri farmasi
dengan mengakuisisi distributor atau salers keseluruhan-. Selain itu,
perusahaan memilih untuk memasuki pasar baru dan mereka memproduksi
produk yang adalah pengganti yang memadai untuk
produk yang sudah ada bisa menjadi pesaing perusahaan.
D. HAMBATAN MASUK
Skala ekonomi. Skala
ekonomi yang berasal dari peningkatan efisiensi tambahan melalui pengalaman
sebagai sebuah perusahaan akan lebih besar. Oleh karena itu, sebagai kuantitas
produk yang dihasilkan selama periode tertentu meningkat, biaya produksi setiap
unit menurun. Skala ekonomi dapat dikembangkan di sebagian fungsi bisnis,
seperti Marketing, manufaktur, penelitian dan pengembangan, dan pembelian.
Diferensiasi produk. Seiring waktu,
pelanggan dapat datang untuk percaya bahwa produk perusahaan adalah unik.
Keyakinan ini dapat hasil dari layanan perusahaan kepada pelanggan, kampanye
iklan tive effec, atau menjadi yang pertama untuk memasarkan barang atau jasa.
Persyaratan modal. Bersaing dalam
industri baru memerlukan perusahaan untuk memiliki sumber daya untuk
berinvestasi. Selain fasilitas fisik, modal yang dibutuhkan untuk persediaan,
kegiatan pemasaran, dan fungsi bisnis penting lainnya
Akses ke Saluran Distribusi. Seiring waktu,
peserta industri biasanya mengembangkan cara yang efektif mendistribusikan
produk. Setelah hubungan dengan distributor telah dikembangkan, perusahaan akan
memeliharanya untuk membuat beralih biaya untuk distributor
Kekurangan biaya Independen Skala. Kadang-kadang,
pesaing mapan memiliki keunggulan biaya yang pendatang baru tidak dapat
menduplikasi. produk eksklusif ogy technol-, akses yang menguntungkan untuk
bahan baku, lokasi yang diinginkan, dan pemerintah subsidi adalah contoh.
Kompetisi yang sukses membutuhkan pendatang baru untuk mengurangi Vance rele
strategis faktor-faktor ini.
Kebijakan pemerintah. Melalui
persyaratan lisensi dan izin, pemerintah juga dapat mengontrol masuk ke
industri. Minuman keras ritel, radio dan TV siaran, ing bank-, dan truk adalah
contoh industri di mana keputusan dan tindakan pemerintah mempengaruhi
kemungkinan masuknya.
E. MENAFSIRKAN INDUSTRI ANALISIS
Analisis
industri yang efektif adalah produk dari studi yang cermat dan interpretasi
data dan informasi dari berbagai sumber. Sebuah kekayaan data industri-spesifik
tersedia untuk dianalisis. Karena globalisasi, pasar internasional dan
persaingan harus disertakan dalam analisis perusahaan.
Mengikuti
pembelajaran lima kekuatan persaingan, perusahaan dapat mengembangkan wawasan
yang diperlukan untuk menentukan daya tarik industri dalam hal potensi
perusahaan untuk memperoleh keuntungan yang memadai atau unggul pada modal yang
diinvestasikan.
Luasnya
kepemimpinan teknologi, kualitas produk, kebijakan harga, saluran tion
distribu-, dan layanan pelanggan adalah contoh dari dimensi strategis yang
perusahaan dalam kelompok strategis dapat mengobati sama. Gagasan kelompok strategis dapat berguna untuk
menganalisis struktur tive competi- sebuah industri. analisis tersebut dapat
membantu dalam mendiagnosis kompetisi, posisi, dan profitabilitas perusahaan
dalam suatu industri.
Menggunakan
kelompok strategis untuk memahami struktur kompetitif industri ini membutuhkan
perusahaan untuk merencanakan tindakan kompetitif perusahaan dan tanggapan yang
kompetitif bersama dimensi strategis seperti keputusan harga, kualitas produk,
saluran distribusi, dan sebagainya. Melakukan hal ini menunjukkan perusahaan
bagaimana perusahaan tertentu bersaing sama dalam hal bagaimana mereka
menggunakan dimensi strategis yang sama.
- ANALISIS
PESAING
Lingkungan
pesaing adalah bagian akhir dari lingkungan eksternal yang memerlukan studi.
analisis pesaing berfokus pada masing-masing perusahaan di mana perusahaan
secara langsung dengan competitor.
Penting
untuk analisis pesaing yang efektif adalah mengumpulkan data dan informasi yang
dapat membantu perusahaan memahami niat pesaingnya dan implikasi strategis yang
dihasilkan dari mereka.127 data yang berguna dan informasi
bergabung untuk membentuk pesaing intel- ligence: set data dan informasi
perusahaan mengumpulkan untuk lebih memahami dan lebih baik mengantisipasi
pesaing tujuan, strategi, asumsi, dan kemampuan.
Melalui
intelijen kebijakan kompetitif dan publik yang efektif, perusahaan keuntungan
wawasan yang diperlukan untuk menciptakan keunggulan kompetitif dan
meningkatkan kualitas keputusan strategis itu membuat ketika memutuskan
bagaimana untuk bersaing dengan para pesaingnya. Berikut bagan Analisis Komponen Pesaing :
DAFTAR PUSTAKA :
– Hitt, M.A et, al. (H), Strategic Management; Competitiveness and
Globalization, West Publishing Company, St. Paul, 2009
- Oxford College Marketing, 2017, https://blog.oxfordcollegeofmarketing.com/2014/11/04/the-impact-of-micro-and-macro-environment-factors-on-marketing/, (
4 Maret 2017, Jam 07.37)
– Surbhi S,
2015, https://keydifferences.com/difference-between-micro-internal-and-macro-external-environment.html,
( 4 Maret 2018, Jam 07.46)
– Rocket Manajemen, 2018,
http://rocketmanajemen.com/mengenal-marketing-environment/ ( 4 Maret
2018, Jam 07.59)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar