Senin, 05 Maret 2018

STRATEGIC MANAGEMENT " EXTERNAL MICRO ENVIRONMENT ANALYSIS "


NAMA           : LESTARY PERMATA SARI
NIM                : 55117010016
DOSEN          : Prof. Dr. HAPZI ALI, CMA
PASCASARJANA MAGISTER MANAJEMEN
UNIVERSITAS MERCUBUANA TAHUN 2018


STRATEGIC MANAGEMENT
EXTERNAL MICRO ENVIRONMENT ANALYSIS

A.    ANALISIS LINGKUNGAN EKSTERNAL
Sebagian besar perusahaan menghadapi lingkungan eksternal yang sangat bergejolak, kompleks, dan kondisi global- yang membuat menginterpretasikannya semakin sulit. Untuk mengatasi apa yang sering data lingkungan ambigu dan tidak lengkap dan untuk meningkatkan ing mengerti- mereka dari lingkungan umum, perusahaan-perusahaan terlibat dalam proses yang disebut analisis lingkungan eksternal. Proses berkelanjutan meliputi empat kegiatan: scanning, monitoring, pengecoran bagian depan, dan menilai Mereka menganalisis lingkungan eksternal harus memahami bahwa menyelesaikan analisis ini adalah sulit, namun signifikan, aktivitas.
Tujuan penting dari mempelajari lingkungan umum adalah mengidentifikasi peluang dan ancaman. Kesempatan adalah suatu kondisi di lingkungan umum bahwa, jika dieksploitasi, membantu perusahaan mencapai daya saing strategis. Misalnya, pada tahun 2004 ada 1,5 miliar menggunakan ponsel dan 690 juta ponsel terjual, yang enam kali jumlah PC dan laptop dijual. Banyak perusahaan besar hiburan, perusahaan telepon tele, dan sejumlah besar start-up akan mencari kesempatan untuk pindah ke platform ponsel yang akan memungkinkan video digital dan musik untuk streaming lebih mudah pada perangkat kecil. Di Amerika Serikat saat ini ada 182 juta sel pengguna telepon, yang mewakili sekitar rasio penetrasi duapertiga. Pengguna ini menghabiskan $ 4 miliar pada layanan data digital. Tapi ini hanya menggaruk permukaan kesempatan ini, karena layanan tersebut hanya menyumbang 4 persen dari pendapatan selulerBerikut Bagan Komponen Eksternal Analisa Lingkungan :


1.      Scanning memerlukan studi semua segmen dalam lingkungan umum. Melalui scan- ning, perusahaan mengidentifikasi tanda-tanda awal perubahan potensial dalam lingkungan umum dan mendeteksi perubahan yang sudah berlangsung.  Ketika memindai, perusahaan sering berkaitan dengan ambigu, tidak lengkap, atau tidak berhubungan data dan informasi. pemindaian lingkungan sangat penting untuk perusahaan yang bersaing dalam lingkungan yang sangat volatile.  Selain itu, kegiatan scanning harus selaras dengan konteks organisasi; sistem scanning yang dirancang untuk lingkungan volatile tidak pantas untuk sebuah perusahaan dalam lingkungan yang stabil.


2.      Pemantauan, Penting untuk pemantauan sukses adalah kemampuan perusahaan untuk mendeteksi makna dalam peristiwa lingkungan yang berbeda dan tren. Perusahaan di sektor perencanaan keuangan bisa memantau perubahan ini di segmen ekonomi untuk menentukan sejauh mana tren kompetitif penting yang muncul. Dengan memonitor tren, perusahaan dapat dipersiapkan untuk memperkenalkan barang dan jasa yang baru pada waktu yang tepat untuk mengambil keuntungan dari peluang tren diidentifikasi menyediakan. monitoring yang efektif memerlukan perusahaan untuk mengidentifikasi stakeholder penting. Karena pentingnya pemangku kepentingan yang berbeda dapat bervariasi selama siklus hidup suatu perusahaan, hati-hati tion atten- harus diberikan dengan kebutuhan perusahaan dan kelompok pemangku kepentingan di seluruh waktu,
3.      Peramalan Ketika peramalan, analis mengembangkan proyeksi layak dari apa yang mungkin terjadi, dan seberapa cepat, sebagai akibat dari perubahan dan tren dideteksi melalui pemindaian dan pengawasan. Peramalan kejadian dan hasil akurat menantang. Alcas Corporation adalah perusahaan pemasaran langsung yang fitur Cutco Cutlery. Cutco Cutlery dalam aliansi dengan Vector Marketing, perusahaan lain yang dipegang oleh Alcas. Cutco menghasilkan berbagai macam pisau dan peralatan memotong dan memiliki merek terkenal. Namun, pada tahun 2001 itu punya masalah peramalan sulit. Perusahaan ini telah diperkirakan meningkat 25 persen dalam penjualan, namun penjualan benar-benar meningkat 47 persen. Meskipun umumnya positif, ini menciptakan kekurangan dan Cutco Cutlery tidak memiliki kapasitas untuk memenuhi pesanan di tepat waktu yang biasa. persalinan normal dua sampai tiga minggu akhirnya didorong ke lima atau enam minggu. Ini adalah masalah penting karena perusahaan telah membangun reputasi padapengiriman cepat sebagai cara untuk membedakan nilai yang menyediakan kepada konsumen.
4.      Menilai, penilaian adalah untuk menentukan implikasi dari pemahaman bahwa bagi organisasi. Tanpa penilaian, perusahaan yang tersisa dengan data yang mungkin menarik tetapi relevansi kompetitif tidak diketahui. Meskipun pentingnya mempelajari lingkungan, bukti nyarankan- gests bahwa hanya persentase yang relatif kecil perusahaan menggunakan proses formal untuk mengumpulkan dan menyebarkan informasi tersebut. Bahkan jika penilaian formal tidak memadai, penafsiran yang tepat dari yang mation informal penting. Menilai juga penting dalam memastikan strategi yang tepat. Seperti disebutkan sebelumnya, kesempatan besar berikutnya bagi perusahaan ponsel tampaknya menjadi “visi sel,” kemampuan untuk menerima video pada ponsel. Banyak perusahaan, termasuk produsen media seperti Disney, produsen ponsel seperti Motorola, dan operator layanan telepon seluler seperti Sprint, mencari untuk membuat uang dari tren baru ini.

B.     ANALISIS LINGKUNGAN MIKRO
Kata environment dalam bahasa Indonesia berarti lingkungan jadi bisa kita artikan kalau marketing environment itu lingkungan pemasaran. Dengan kata lain, lingkungan sekitar kita dalam melakukan aktifitas pemasaran itu termasuk marketing environment. marketing environment adalah kumpulan pengaruh non-marketing yang berdampak pada keberhasilan seorang manajer marketing dalam membentuk dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan yang diinginkan.
Dari pengertian diatas ada beberapa kata penting yang perlu diperhatikan yaitu : pengaruh non-marketing juga membentuk dan menjaga hubungan. Pengaruh non-marketing disini berarti segala sesuatu yang bukan bagian dari pemasaran tetapi dapat mempengaruhi proses pemasaran seperti inflasi, pekerja, politik dan lain sebagainya. Sedangkan membentuk dan menjaga hubungan adalah tujuan dari mengetahui marketing environment.
Marketing environment atau lingkungan pemasaran secara umum terbagi menjadi 2 yaitu internal environment dan eksternal environment, semua lingkungan tersebut sangat mempengaruhi pada proses pemasaran yang anda lakukan.
1.      Internal environment – ialah lingkungan yang berawal dari diri anda atau perusahaan anda. Mulai dari pekerja, kebijakan perusahaan, struktur perusahaan, aset pokok dan lain sebagainya. Semua faktor yang berada dalam lingkungan ini dapat dikontrol dan diatur sedemikian hingga sesuai dengan keadaan.
2.      Eksternal environment – dari katanya dapat diketahui bahwa lingkungan ini dipengaruhi dari luar anda. Karena pengaruh luar ini sangat banyak sehingga dilakukan generalisasi dan dikenalah istilah micro environment dan macro environment.

Perbedaan antara Lingkungan Mikro dan Lingkungan Makro diantaranya sebagai berikut :
  1. Lingkungan mikro adalah lingkungan yang berada dalam kontak langsung dengan perusahaan. Lingkungan yang tidak spesifik untuk perusahaan tertentu namun dapat mempengaruhi kerja semua kelompok usaha dikenal dengan Macro Environment.
  2. Faktor lingkungan mikro hanya mempengaruhi bisnis tertentu, namun faktor lingkungan makro mempengaruhi semua entitas bisnis.
  3. Faktor lingkungan mikro dapat dikendalikan oleh bisnis. Namun, variabel makroekonomi tidak terkendali.
  4. Elemen lingkungan mikro mempengaruhi secara langsung dan teratur terhadap perusahaan yang berlawanan dalam hal lingkungan makro.
  5. Studi tentang lingkungan mikro digambarkan sebagai analisis KOSMIK. Sebaliknya, Analisis PESTLE adalah studi tentang lingkungan makro.
Adapun Faktor dakam Lingkungan Mikro adalah sebagai berikut :
Pemasok: Pemasok dapat mengendalikan keberhasilan bisnis saat mereka memegang kekuasaan. Pemasok memegang kekuasaan saat mereka menjadi satu-satunya pemasok terbesar barang mereka; pembeli tidak penting bagi bisnis pemasok; produk pemasok merupakan bagian inti dari produk jadi dan / atau bisnis pembeli. Sourcing barang yang digunakan dalam produksi atau penjualan kembali dan mendistribusikan inventaris Anda ke pelanggan juga penting. Produsen mengandalkan pemasok bahan dan perusahaan penjualan kembali bergantung pada produsen atau pedagang grosir untuk mengangkut barang. Untuk beroperasi secara menguntungkan, Anda perlu mendapatkan nilai bagus untuk produk dan persediaan dan, pada gilirannya, menawarkan nilai terbaik kepada pelanggan Anda dengan solusi yang mudah diakses.
Reseller: Jika produk yang dihasilkan oleh perusahaan dipasarkan oleh pengecer pihak ketiga atau perantara pasar seperti pengecer, pedagang grosir, dan lain-lain, keberhasilan pemasaran dipengaruhi oleh pengecer pihak ketiga. Misalnya, jika penjual eceran adalah nama yang memiliki reputasi bagus maka reputasi ini dapat dimanfaatkan dalam pemasaran produk.
Pelanggan: Pelanggan memiliki dampak mikroekonomi paling langsung terhadap bisnis. Fakta sederhana adalah bahwa Anda tidak dapat berhasil mengoperasikan perusahaan nirlaba tanpa menarik pelanggan yang ditargetkan. Mengetahui tipe pelanggan ideal Anda dan mengembangkan dan menyajikan kampanye pemasaran yang efektif merupakan bagian integral untuk membangun basis pelanggan dan menghasilkan arus pendapatan.  Siapa pelanggannya (B2B atau B2C, lokal atau internasional, dll.) Dan alasan mereka untuk membeli produk akan memainkan peran besar dalam bagaimana Anda mendekati pemasaran produk dan layanan Anda kepada mereka.
Kompetisi: Mereka yang menjual produk dan layanan yang sama atau serupa karena organisasi Anda adalah pesaing pasar Anda, dan cara menjualnya perlu diperhitungkan. Bagaimana perbedaan harga dan produk mereka mempengaruhi Anda? Bagaimana Anda bisa memanfaatkan ini untuk menuai hasil yang lebih baik dan mendahului mereka?. Pesaing
Tingkat persaingan juga mempengaruhi penghidupan ekonomi Anda. Secara teori, lebih banyak pesaing berarti pangsa dolar yang dihabiskan pelanggan berkurang. Namun, sejumlah besar pesaing di industri biasanya menandakan banyak permintaan akan produk atau layanan yang diberikan. Jika sebuah industri tidak memiliki persaingan, Anda mungkin tidak menemukan cukup banyak permintaan untuk berhasil dalam jangka panjang.
Masyarakat umum Organisasi Anda memiliki kewajiban untuk memuaskan masyarakat. Setiap tindakan perusahaan Anda harus dipertimbangkan dari sudut masyarakat umum dan bagaimana dampaknya. Masyarakat memiliki kekuatan untuk membantu mencapai tujuan Anda; sama seperti mereka juga bisa mencegah Anda mencapainya. Komunitas dan media lokal Anda juga memengaruhi citra bisnis Anda yang sedang berlangsung.Masyarakat sering mendukung perusahaan yang menyediakan pekerjaan, membayar pajak dan beroperasi dengan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Jika Anda tidak melakukan hal-hal ini, Anda mungkin mengalami reaksi publik yang negatif. Media lokal sering membantu cerita Anda berkembang biak, menjadi lebih baik atau lebih buruk.
Para Karyawan,  Pekerja Anda memproduksi, menjual atau melayani barang dan jasa yang mendorong bisnis Anda.Ketersediaan karyawan yang berkualitas dan termotivasi untuk jenis bisnis Anda sangat penting bagi keberhasilan ekonomi. Jika Anda menjalankan bisnis yang sangat teknis, misalnya, Anda mungkin harus membayar lebih banyak gaji untuk menarik sejumlah terbatas pekerja khusus yang ada.
Investor , Pemegang saham dan investor dapat membantu mendanai perusahaan Anda saat start-up atau saat Anda ingin tumbuh. Tanpa dana untuk membangun dan memperluas, Anda mungkin tidak bisa mengoperasikan bisnis. Anda bisa melihat ke kreditor, tapi Anda harus melunasi pinjaman dengan bunga. Dengan mengambil investor, Anda berbagi risiko operasi dan sering mendapatkan dukungan dan keahlian. Anda memang bisa mengendalikannya.

C.    INDUSTRI ANALISIS LINGKUNGAN
Sebuah industri adalah sekelompok perusahaan yang memproduksi produk yang merupakan barang substitusi dekat. Dalam perjalanan kompetisi, perusahaan-perusahaan ini mempengaruhi satu sama lain. Biasanya, industri termasuk campuran kaya strategi kompetitif yang menggunakan perusahaan dalam mengejar ness competitive- strategis dan pengembalian atas rata-rata.
Model lima kekuatan persaingan memperluas arena untuk analisis kompetitif. Secara historis, ketika mempelajari lingkungan yang kompetitif, perusahaan berkonsentrasi pada haan com- dengan yang mereka berkompetisi secara langsung. Namun, perusahaan-perusahaan harus mencari lebih luas untuk mengidentifikasi pesaing saat ini dan potensi dengan mengidentifikasi pelanggan potensial serta perusahaan-perusahaan melayani mereka. Bersaing untuk pelanggan yang sama dan dengan demikian dipengaruhi oleh bagaimana lokasi nilai pelanggan dan kemampuan perusahaan dalam keputusan mereka disebut sebagai struktur mikro pasar.
Model lima kekuatan mengakui bahwa pemasok dapat menjadi pesaing perusahaan (dengan mengintegrasikan ke depan), seperti dapat pembeli (dengan mengintegrasikan mundur). Beberapa perusahaan telah terintegrasi maju dalam industri farmasi dengan mengakuisisi distributor atau salers keseluruhan-. Selain itu, perusahaan memilih untuk memasuki pasar baru dan mereka memproduksi produk yang adalah pengganti yang memadai untuk produk yang sudah ada bisa menjadi pesaing perusahaan.

D.    HAMBATAN MASUK
Skala ekonomi. Skala ekonomi yang berasal dari peningkatan efisiensi tambahan melalui pengalaman sebagai sebuah perusahaan akan lebih besar. Oleh karena itu, sebagai kuantitas produk yang dihasilkan selama periode tertentu meningkat, biaya produksi setiap unit menurun. Skala ekonomi dapat dikembangkan di sebagian fungsi bisnis, seperti Marketing, manufaktur, penelitian dan pengembangan, dan pembelian.

Diferensiasi produk. Seiring waktu, pelanggan dapat datang untuk percaya bahwa produk perusahaan adalah unik. Keyakinan ini dapat hasil dari layanan perusahaan kepada pelanggan, kampanye iklan tive effec, atau menjadi yang pertama untuk memasarkan barang atau jasa.
Persyaratan modal. Bersaing dalam industri baru memerlukan perusahaan untuk memiliki sumber daya untuk berinvestasi. Selain fasilitas fisik, modal yang dibutuhkan untuk persediaan, kegiatan pemasaran, dan fungsi bisnis penting lainnya
Akses ke Saluran Distribusi. Seiring waktu, peserta industri biasanya mengembangkan cara yang efektif mendistribusikan produk. Setelah hubungan dengan distributor telah dikembangkan, perusahaan akan memeliharanya untuk membuat beralih biaya untuk distributor
Kekurangan biaya Independen Skala. Kadang-kadang, pesaing mapan memiliki keunggulan biaya yang pendatang baru tidak dapat menduplikasi. produk eksklusif ogy technol-, akses yang menguntungkan untuk bahan baku, lokasi yang diinginkan, dan pemerintah subsidi adalah contoh. Kompetisi yang sukses membutuhkan pendatang baru untuk mengurangi Vance rele strategis faktor-faktor ini.
Kebijakan pemerintah. Melalui persyaratan lisensi dan izin, pemerintah juga dapat mengontrol masuk ke industri. Minuman keras ritel, radio dan TV siaran, ing bank-, dan truk adalah contoh industri di mana keputusan dan tindakan pemerintah mempengaruhi kemungkinan masuknya.

E.     MENAFSIRKAN INDUSTRI ANALISIS
Analisis industri yang efektif adalah produk dari studi yang cermat dan interpretasi data dan informasi dari berbagai sumber. Sebuah kekayaan data industri-spesifik tersedia untuk dianalisis. Karena globalisasi, pasar internasional dan persaingan harus disertakan dalam analisis perusahaan.
Mengikuti pembelajaran lima kekuatan persaingan, perusahaan dapat mengembangkan wawasan yang diperlukan untuk menentukan daya tarik industri dalam hal potensi perusahaan untuk memperoleh keuntungan yang memadai atau unggul pada modal yang diinvestasikan.
Luasnya kepemimpinan teknologi, kualitas produk, kebijakan harga, saluran tion distribu-, dan layanan pelanggan adalah contoh dari dimensi strategis yang perusahaan dalam kelompok strategis dapat mengobati sama. Gagasan kelompok strategis dapat berguna untuk menganalisis struktur tive competi- sebuah industri. analisis tersebut dapat membantu dalam mendiagnosis kompetisi, posisi, dan profitabilitas perusahaan dalam suatu industri.
Menggunakan kelompok strategis untuk memahami struktur kompetitif industri ini membutuhkan perusahaan untuk merencanakan tindakan kompetitif perusahaan dan tanggapan yang kompetitif bersama dimensi strategis seperti keputusan harga, kualitas produk, saluran distribusi, dan sebagainya. Melakukan hal ini menunjukkan perusahaan bagaimana perusahaan tertentu bersaing sama dalam hal bagaimana mereka menggunakan dimensi strategis yang sama.

  1. ANALISIS PESAING
Lingkungan pesaing adalah bagian akhir dari lingkungan eksternal yang memerlukan studi. analisis pesaing berfokus pada masing-masing perusahaan di mana perusahaan secara langsung dengan competitor.
Penting untuk analisis pesaing yang efektif adalah mengumpulkan data dan informasi yang dapat membantu perusahaan memahami niat pesaingnya dan implikasi strategis yang dihasilkan dari mereka.127 data yang berguna dan informasi bergabung untuk membentuk pesaing intel- ligence: set data dan informasi perusahaan mengumpulkan untuk lebih memahami dan lebih baik mengantisipasi pesaing tujuan, strategi, asumsi, dan kemampuan.
Melalui intelijen kebijakan kompetitif dan publik yang efektif, perusahaan keuntungan wawasan yang diperlukan untuk menciptakan keunggulan kompetitif dan meningkatkan kualitas keputusan strategis itu membuat ketika memutuskan bagaimana untuk bersaing dengan para pesaingnya. Berikut bagan Analisis Komponen Pesaing :

DAFTAR PUSTAKA :
     Hitt, M.A et, al. (H), Strategic Management; Competitiveness and Globalization, West Publishing Company, St. Paul, 2009
     Surbhi S, 2015, https://keydifferences.com/difference-between-micro-internal-and-macro-external-environment.html, ( 4 Maret 2018, Jam 07.46)
     Rocket Manajemen, 2018, http://rocketmanajemen.com/mengenal-marketing-environment/ ( 4 Maret 2018, Jam 07.59)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar