|
STRATEGIC MANAGEMENT
“TUGAS UAS “ ANALISIS SWOT DAN MATRIKS TOWS PT AQUA DANONE”
NAMA : LESTARY PERMATA SARI
NIM : 55117010016
DOSEN : Prof. Dr. Ir. HAPZI ALI, MM, CMA
|
Daftar
Isi
Sejarah PT Aqua, Profil PT AQUA,
Visi dan Misi PT AQUA, Strategi Pemasaran PT AQUA, Analisis SWOT PT AQUA,
Matriks TOWS PT AQUA
A. SEJARAH PT AQUA
AQUA
Golden Mississippi didirikan pada tahun 1973 oleh Bapak Tirto Utomo, sebagai
produsen pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia. Pabrik pertama didirikan
di Bekasi. Setelah beroperasi selama 30 tahun, kini AQUA memiliki 14 pabrik di
seluruh Indonesia.
Pada
tahun 1998, AQUA (yang berada di bawah naungan PT Tirta Investama) melakukan
langkah strategis untuk bergabung dengan Group DANONE, yang merupakan salah
satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia dan ahli
dalam nutrisi. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk, market
share, dan penerapan teknologi pengemasan air terkini. Di bawah bendera
DANONE-AQUA, kini AQUA memiliki lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang
dapat diakses oleh pelanggannya di seluruh Indonesia Berikut sejarah PT AQUA
dari tahun ke tahun :
1973
: PT AQUA Golden Mississippi didirikan sebagai pioner perusahaan air minum
mineral pertama di Indonesia. Pabrik pertama didirikan di Bekasi.
1974
:Produksi pertama AQUA diluncurkan dalam bentuk kemasan botol kaca ukuran 950
ml dari pabrik di Bekasi. Harga per botol adalah Rp.75,-
1984 :Pabrik AQUA kedua didirikan di
Pandaan di Jawa Timur, sebagai upaya agar lebih mendekatkan diri pada konsumen
yang berada di wilayah tersebut.
1985
:Pengembangan produk AQUA dalam bentuk kemasan PET 220 ml. Pengembangan ini
membuat produk AQUA menjadi lebih berkualitas dan lebih aman untuk dikonsumsi.
1993
:Menyelenggarakan program AQUA Peduli (AQUA Cares), sebagai langkah pendauran
ulang botol plastik AQUA menjadi materi plastik yang bisa dapat digunakan
kembali.
1995
:AQUA menjadi pabrik air mineral pertama yang menerapkan sistem produksi in
line di pabrik Mekarsari. Pemrosesan air dan pembuatan kemasan AQUA dilakukan
bersamaan. Hasil sistem in line ini adalah botol AQUA yang baru dibuat dapat
segera diisi air bersih di ujung proses produksi., sehingga proses produksi
menjadi lebih higienis
1998
: Penyatuan AQUA dan grup DANONE pada tanggal 4 September 1998. Langkah ini
berdampak pada peningkatan kualitas produk dan menempatkan AQUA sebagai
produsen air mineral dalam kemasan (AMDK) yang terbesar di Indonesia.
2000
:Bertepatan dengan pergantian milenium, AQUA meluncurkan produk berlabel Danone-AQUA.
2001
: DANONE meningkatkan kepemilikan saham di PT Tirta Investama dari 40 % menjadi
74 %, sehingga DANONE kemudian menjadi pemegang saham mayoritas AQUA Group.
AQUA menghadirkan kemasan botol kaca baru 380 ml pada 1 November 2001.
2002
: Banjir besar yang melanda Jakarta pada awal tahun menggerakkan perusahaan
untuk membantu masyarakat dan juga para karyawan AQUA sendiri yang terkena
musibah tersebut. AQUA menang telak di ajang Indonesian Best Brand Award. Mulai
diberlakukannya Kesepakatan Kerja Bersama [KKB 2002 – 2004] pada 1 Juni 2002.
2003
: Perluasan kegiatan produksi AQUA Group ditindaklanjuti melalui peresmian
sebuah pabrik baru di Klaten pada awal tahun. Upaya mengintegrasikan proses
kerja perusahaan melalui penerapan SAP (System Application and Products for
Data Processing) dan HRIS (Human Resources Information System).
2004
: Peluncuran logo baru AQUA. AQUA menghadirkan kemurnian alam baik dari sisi
isi maupun penampilan luarnya. AQUA meluncurkan varian baru AQUA Splash of
Fruit, jenis air dalam kemasan yang diberi esens rasa buah strawberry dan
orange-mango. Peluncuran produk ini memperkuat posisi AQUA sebagai produsen
minuman.
2005
: DANONE membantu korban tsunami di ACEH. Pada tanggal 27 September, AQUA
memproduksi MIZONE, minuman bernutrisi yang merupakan produk dari DANONE.
MIZONE hadir dengan dua rasa, orange lime dan passion fruit.
B. PROFIL PT AQUA
AQUA telah menjadi bagian dari keluarga
sehat Indonesia lebih selama lebih dari 30 tahun. Sebagai pelopor air minum
dalam kemasan sejak didirikan tahun 1973, kini AQUA menjadi bagian yang tidak
terpisahkan dari hidup sehat masyarakat Indonesia. Dulu dan kini, AQUA tetap
dan selalu menjadi yang terbesar dan terdepan di Indonesia. Volume penjualan
AQUA merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral.
Lebih lagi kini group DANONE yang
merupakan salah satu produsen terbesar dan terbaik di dunia untuk minuman
menjadi bagian dari AQUA. Keunggulan DANONE dalam produk makanan dan minuman
bernutrisi menjadikan AQUA semakin baik dan kokoh.
Sistem proses dan kualitas AQUA memenuhi
standar yang dibuat oleh Good Manufacturing Practice dan Good
Sanitation-Hygienic Practice sekaligus kualitas produk akhir sesuai dengan SNI
01-3553-2006 atau “Codex for Bottle Water”.
AQUA merupakan merek minuman yang sudah
terpercaya hingga puluhan tahun sebagai merek terbaik. Terbukti AQUA sudah
menerima berbagai penghargaan yang merupakan wujud kepercayaan dan kepuasan
konsumen, antara lain: Indonesian Best Brand Award (penghargaan untuk merek terbaik
Indonesia) dari tahun 2003-2004, Indonesian Customer Satisfaction Award
(penghargaan untuk merek yang memberikan kepuasan tertinggi kepada konsumennya)
dari tahun 2003 dan Indonesian Golden Brand Award di tahun 2005-2007.
C. VISI DAN MISI AQUA
Visi :
AQUA telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia lebih selama
lebih dari 30 tahun. Sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejak didirikan
tahun 1973, kini AQUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup sehat
masyarakat Indonesia. Dulu dan kini, AQUA tetap dan selalu menjadi yang
terbesar dan terdepan di Indonesia. Volume penjualan AQUA merupakan volume
penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral.
Misi :
AQUA selalu ingin
melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya program
AKSI (AQUA untuk Keluarga Sehat Indonesia) dan AuAI (AQUA untuk Anak
Indonesia).laba. (Porter, 1980 dalam Pawarrangan, 2012).
D. STRATEGI PEMASARAN PT AQUA DENGAN
MARKETING MIX
Marketing mix merupakan suatu alat marketing yang digunakan
perusahaan untuk mencapai tujuan marketing dalam pasar target. Mizone sebagai
pendatang baru minuman isotonik menunjukkan eksistensinya dengan mengoptimalkan
unsur 4 P marketing mix (Produk, Harga, Distribusi, Promosi) yang kompetitif .
Launching produk pada saat yang tepat, variasi rasa yang disukai konsumen,
harga yang terjangkau semua kalangan, ketersediaannya yang merata hampir di
seluruh pelosok, serta strategi promosi yang edukatif dan kreatif mampu
mereduksi pangsa pasar market leader minuman isotonik (Pocari Sweat) sebesar
30% dan menempati urutan kedua market share kategori minuman isotonik.Strategi
Marketig Mix PT Danone Aqua terhadap Mizone diantaranya sebagai berikut :
1.
Produk (product)
Mizone yang diproduksi oleh Danone Aqua merupakan kategori
minuman isotonik bernutrisi. Diluncurkan pertama kali pada 27 September 2005 di
Surabaya dengan rasa orange lime yang menyegarkan, rasa passion fruit yang
memanjakan selera, dan pada Juni 2008 meluncurkan varian baru dengan rasa
lychee lemon yang sensasional. Mengandung Hydromaxx yaitu : Vitamin B1, B3, B6,
dan B12 untuk membantu metabolisme karbohidrat menjadi energi, Vitamin C,
sebagai antioksidan untuk menjaga kahidupan sel dalam tubuh, dan elektrolit
untuk menggantikan mineral yang hilang akibat pengeluaran keringat. Bahan dasar
Mizone menggunakan air mineral Aqua dan sari buah alami melalui proses
kristalisasi. Mizone sendiri merupakan produk yang sudah terkenal di Australia,
New Zealand, dan Cina.
Pada November 2006 Mizone dilanda krisis karena tidak
menantumkan salah satu bahan pengawet (natrium benzoat) dalam kemasannya. BPOM
memberikan tenggat waktu hingga Desember 2006 agar Mizone menarik produknya
dari pasaran dan memperbaiki label pada kemasan. Pada saat itu, Mizone sudah
beredar di 30 depo, 50 distributor dan 1 juta outlet di seluruh Indonesia.
Penjualan turun drastis sedikitnya Rp 35 miliar perhari. Untuk mengembalikan
kepercayaan konsumen, Mizone melakukan edukasi kepada konsumen melalui promosi
baik below the line maupun above the line.
2.
Harga (Price)
Dari segi harga, Mizone sangat kompetitif sekitar Rp 2.500
untuk isi 500 mL, jika dibandingkan dengan isotonik dalam kemasan kaleng yang
yang harganya sekitar Rp 3.300 untuk isi 330 ml .
3.
Distribusi (Place)
Distribusi Mizone berorientasi nasional menggunakan jalur
distribusi Aqua yang sangat luas, kuat di pasar tradisional (mudah dijumpai di
warung dan toko-toko yang menjual produk Aqua). Sampai ada suatu istilah di
kalangan distributor “di mana ada Aqua, disitu ada Mizone”.
4.
Promosi (Promotion)
Target pasar Mizone adalah semua kalangan umur, namun dalam
kampanyenya lebih ditujukan kepada kalangan usia 18-35 tahun dengan aktivtas
yang dinamis. Mizone melakukan kampanye besar-besaran lewat placement iklan di
televisi (TV), radio, media cetak, dan media luar ruang. Belanja iklan Mizone
sepanjang 2006 paling besar dibandingkan kompetitornya, yaitu sebesar 46,1
milyar. Pada Agustus 2006, Mizone mengadakan sampling road show di beberapa
kota besar pada pusat keramaian. Mizone memasuki sekolah dengan membuat iklan
dan pembuatan logo Mizone pada lapangan olahraga (lapangan basket) serta di
white board SMA ternama di beberapa kota besar.

Gambar 1

Gambar 2
E.
ANALISIS
SWOT PT AQUA
Analisis SWOT (singkatan bahasa Inggris
dari strengths, weaknesses, opportunities, dan threats) adalah metode
perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan,
peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini
melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan
mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak
dalam mencapai tujuan tersebut.
Dalam Pengelolaan dan pengembangan suatu
aktifitas memerlukan suatu perencanaan strategis, yaitu suatu pola atau
struktur sasaran yang saling mendukung dan melengkapi menuju ke arah tujuan
yang menyeluruh. Sebagai persiapan perencanaan, agar dapat memilih dan
menetapkan strategi dan sasaran sehingga tersusun program-program dan
proyek-proyek yang efektif dan efisien maka diperlukan suatu analisis yang
tajam dari para pegiat organisasi. Salah satu analisis yang cukup populer di
kalangan pelaku organisasi adalah Analisis SWOT tersebut.
Dalam sebuah organisasi biasanya setiap
awal periode kepengurusan akan dilaksanakan pembuatan rencana program kerja,
untuk itu biasanya akan dilakukan sebuah analisis kondisi mengenai suatu
organisasi tersebut. Analisis SWOT biasanya dicantumkan dalam GBHK (Garis-garis
Besar Haluan Kerja) yang menjelaskan tentang kondisi lingkungan organisasi baik
kondisi internal maupun external. Berikut Analisis SWOT PT AQUA :
Strength (S) :
ü Brand
Aqua Danone sangat kuat
ü Aqua
Danone sebagai market leader bisnis air mineral (pangsa pasar 60%)
ü Memasarkan
produk tidak susah, karena konsumen sudah mengetahui kualitas produk
ü Kemasan
Aqua semakin beragam ( dari kemasan gelas, botol kecil, sedang hingga galon )
ü Menggunakan
manajemen sumber daya air yang canggih. Sebagai bagian dari Grup Danone di
seluruh dunia, AQUA mengikuti aturan yang dituangkan dalam Piagam Danone untuk
manajemen sumber daya air untuk menjamin kualitas sumber-sumber mata airnya
ü Inovasi
terbaru tutup Aqua Galon yang unik dan inovatif, dan secara eksklusif
dilengkapi segel transparan dengan hologram untuk menjamin terjaganya produk
alami dari tiap tetes Aqua.
ü Agen
penjualan Aqua yang tersebar dimana-mana, karena untuk menjadi agen Aqua sangat
mudah, hanya dengan pengambilan minimal 20 galon Aqua
Weakness (W) :
ü Kendali
pasokan / stok barang berada di tangan Principal / Main Distributor
ü Margin
tipis
ü Diperlukan
Modal Kerja yang cukup besar
ü Ketika
musim hujan penjualan turun dan Arus Kas terbenam di Stok Barang.
ü Air
mineral Aqua masih menggunakan proses Ozonisasi, sehingga menimbulkan stigma
negatif pada masyarakat
ü Melemahnya
daya beli konsumen
ü Biaya
pengiklanan yang tidak murah
Opportunity (O) :
ü Jenjang
menuju strata Distributor (margin cukup menggiurkan) terbuka lebar
ü Track
record distribusi Aqua Danone bisa dipakai referensi untuk melebarkan sayap
bisnis produk Danone Food (Biskuat dll).
ü Mempunyai
peluang untuk merambah ke agen-agen kecil yang belum mempunyai pasar local
ü Sosialisasi
ke masyarakat mengenai pentingnya mengkonsumsi air mineral yang bersih dan
higienis dimana Aqua memiliki semua kriteria yang dibutuhkan
ü Pemberian
bantuan Aqua untuk wilayah terpencil merupakan salah satu promosi Aqua bahwa
Aqua juga perduli terhadap sesame
ü Air
PDAM yang sekarang sudah tidak memungkinkan untuk dikonsumsi, maka Pemerintah
menganjurkan kepada masyarakat agar mengkonsumsi air mineral dalam kemasan
ü Aqua
mempunyai kesempatan besar untuk bisa menembus pasar Internasional
Threat (T) :
ü Persaingan
harga dengan sesama Agen / Sub Distributor / Distributor Aqua Danone dari
wilayah lain (cross border)
ü Tidak
dipasok produk / pencabutan lisensi keagenan Aqua Danone apabila melanggar
aturan keagenan.
ü Mulai
muncul produk-produk air mineral baru
ü Sekarang
ini banyak bermunculan depo-depo air minum isi ulang dikawasan padat penduduk
dimana harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibanding Aqua
ü Adanya
kenaikan bahan baku untuk kemasan, seperti plastik untuk label dan bahan untuk
pembuatan gallon
ü Tidak
stabilnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing
ü Adanya
penghapusan subsidi BBM bagi produsen
F.
MATRIKS
TOWS PT AQUA
INTERNAL
Kekuatan (Strengh)
Ukuran pembobotan : Ukuran Rating :
1
= Sedikit penting
1 = Sedikit kuat
2
= Agak penting
2 = Agak kuat
3
= Penting
3 = Kuat
4
= Sangat penting
4 = Sangat kuat
FAKTOR STRATEGIK
|
NILAI
|
BOBOT
|
RATING
|
SKOR
|
Produk
yang Berkualitas
|
4
|
0,31
|
3
|
0,92
|
Harga
Produk yang Kompetitif
|
4
|
0,31
|
4
|
1,93
|
Jaringan
Distribusi yang luas
|
3
|
0,
23
|
4
|
0,92
|
SDM
yang terlatih
|
2
|
0,
23
|
3
|
0,46
|
Teknologi
Pengembangan produk yang mutakhir
|
2
|
0,
15
|
2
|
0,46
|
TOTAL
|
13
|
1
|
14
|
4
|
Kelemahan
(Weakness)
Ukuran
pembobotan :
Ukuran Rating :
1 = sedikit penting
-1 = Sedikit lemah
2 = Agak penting
-2 = Agak lemah
3 = penting
-3 = lemah
4 = sangat penting
-4 = Sangat lemah
FAKTOR STRATEGIK
|
NILAI
|
BOBOT
|
RATING
|
SKOR
|
Ketersediaan Bahan
Baku
|
3
|
0,18
|
-2
|
-0,35
|
Harga Produksi yang
tinggi
|
4
|
0,24
|
-3
|
-0,71
|
Kemasan yang
bervariatif
|
3
|
0,18
|
-2
|
-0,35
|
Kurangnya promosi
|
4
|
0,24
|
-2
|
-0,24
|
Sedikit motivasi
produk
|
3
|
0,18
|
-3
|
-0,53
|
TOTAL
|
17
|
1
|
-11
|
-2,18
|
EKSTERNAL
Peluang
(Opportunity)
Ukuran
pembobotan :
Ukuran Rating :
1 = sedikitpenting
1 = Sedikit peluang
2 = Agakpenting
2 = Agak peluang
3 = penting
3 = peluang
4 = sangatpenting
4 = Sangat peluang
FAKTOR STRATEGIK
|
NILAI
|
BOBOT
|
RATING
|
SKOR
|
Memiliki populasi
yang besar
|
3
|
0,19
|
2
|
0,38
|
Pertumbuhan ekonomi
yang luar biasa
|
2
|
0,13
|
2
|
0,25
|
Peluncuran produk
baru
|
4
|
0.25
|
3
|
0,75
|
Membuat inovasi baru
|
4
|
0,25
|
4
|
1,00
|
Pengunggulan kualitas
produk
|
3
|
0,19
|
3
|
0,56
|
TOTAL
|
16
|
1
|
12
|
2,94
|
Ancaman
(Threat)
Ukuran
pembobotan :
Ukuran Rating :
1 = sedikit penting
-1 = Sedikit mengancam
2 = Agak penting
-2 = Agak mengancam
3 = penting
-3 = mengancam
4 = sangat penting
-4 = Sangat mengancam
FAKTOR STRATEGIK
|
NILAI
|
BOBOT
|
RATING
|
SKOR
|
Masuknya Para pesaing
baru
|
4
|
0,25
|
-3
|
-0.75
|
Fluktuasi Nilai Tukar
Rupiah
|
2
|
0,13
|
-1
|
-0,13
|
Iklim
|
3
|
0,19
|
-3
|
-0,56
|
Pesaing Air Produk
Mineral
|
4
|
0,25
|
-2
|
-0,50
|
Adanya Persaingan
Harga
|
3
|
0,19
|
-3
|
-0,56
|
TOTAL
|
16
|
1
|
-12
|
-2,50
|
ANALISIS
MATRIK SWOT
Berdasarkan hasil-hasil
yang didapat dari analisis internal dan eksternal pada Tabel seperti dituliskan
di atas, hasilnya dapat dirangkum
sebagai berikut:
Skor Total Kekuatan 3.2
Skor Total Kelemahan
-2.2
Skor Total Peluang 3.4
Skor Total Ancaman -2.3
Berpijak dari skor
total ini, maka penentuan posisi PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPI
Untuk mencari
koordinatnya, dapat dicari dengan cara sebagai berikut :
Koordinat Analisis
Internal
Skor total Kekuatan – Skor Total Kelemahan =
3.2 - 2.2 = 1
Koordinat Analisis Eksternal
Skor total Peluang –
Skor Total Ancaman =
3.4 - 2.3 = 1.1
Jadi titik koordinatnya terletak pada (1 ;1.1)
Daftar
Pustaka
Pearce, J. A & Robinson, R.B (PR), Strategic Management : Manajemen Strategis,
Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian, Irwin Mc Graw-Hill Inc., Jakarta
: Salemba Empat, 2009.
Fred
R David, Forest R David, Manajemen Strategik
: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing, Jakarta : Salemba Empat, 2017
Ismail Solihin, Manajemen Strategik, Bandung : Erlangga, 2012
Mudrajad Kuncoro, Strategi Bagaimana Meraih keunggulan
Kompetitif, Jakarta : Erlangga, 2005
Khoerul Saleh, 2012, https://khoerulsholeh.wordpress.com/2012/10/19/implementasi-strategi-perusahaan-pt-aqua/
JUMAT 13 APRIL 2018 JAM 16.30
Anonim, 2016, http://curaofficial.blogspot.co.id/2016/04/analisis-swot-pt-aqua-golden-mississipi.html
JUMAT 13 APRIL 2018 JAM 16.39
Farah Damayanti, 2011,
https://farahdamayanti.wordpress.com/2011/07/12/manajemen-stratejik-analisis-swot-pada-pt-aqua-danone/
JUMAT 30 MARET 2018 JAM 16.50
http://ayuwulandarinrtm.blogspot.com/2015/06/manajemen-strategik-pada-perusahaan.html
SELASA 10 JULI 2018 JAM 21.00
Tidak ada komentar:
Posting Komentar